KULIAH UMUM TEKNIK INDUSTRI…

KULIAH UMUM TEKNIK INDUSTRI "EXPLORING SUPPLY CHAIN MANAGEMENT IN MEDIA INDUSTRIES"


Dalam Industri Manufakturing, kegiatan utamanya adalah mengkonversikan berbagai bahan mentah serta bahan-bahan pendukungnya menjadi barang jadi dan mendistribusikannya kepada pelanggan. Dengan menjalankan kegiatan tersebut, maka apa yang disebut dengan Supply Chain atau Rantai Pasokan pada dasarnya telah terbentuk. Namun bagi sebuah perusahaan manufakturing, kegiatan Supply Chain atau Rantai Pasokan ini perlu dijalankan dengan efektif dan efisien sehingga diperlukan Manajemen yang Profesional dalam pelaksanaannya. Manajemen tersebut biasanya disebut dengan Manajemen Rantai Pasokan atau Supply Chain Management yang sering disingkat dengan singkatan SCM, maka Supply Chain Management (SCM) atau Manajemen Rantai Pasokan adalah serangkaian kegiatan yang meliputi Koordinasi, penjadwalan dan pengendalian terhadap pengadaan, produksi, persediaan dan pengiriman produk ataupun layanan jasa kepada pelanggan yang mencakup administasi harian, operasi, logistik dan pengolahan informasi mulai dari pelanggan hingga ke pemasok. Dalam industri media pun terdapat divisi SCM yang menopang produksi acara, event dan kegiatan peliputan lainnya.

Departemen Teknologi Industri Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) menyelenggrakan Kuliah Umum dengan mengangkat tema “Exploring Supply Chain Management In Media Industries” dengan mengundang pembicara YBH. Agung Kristiono, selaku Purchasing Senior Officer di PT. Media Televisi Indonesia (METRO TV) yang juga merupakan juga alumni STTA pada Kamis (20/12/2018) di ruang Adisutjipto. Hadir dalam kuliah umum tersebut para Wakil Ketua diantaranya Dedet Hermawan, S.T., M.T selaku Wakil Ketua I, Kol.Sus (Purn) Drs, Suhanto, M.T selaku Wakil Ketua III, didampingi oleh Kepala Departemen Teknik Industri Riani Nurdin, S.T.,M.Sc.

Dalam kuliah umum ini, pembicara memaparkan kegiatan SCM dalam industri media, dimana kegiatan SCM tersebut, berkaitan dengan manajemen pembelian, bagaimana mahasiswa peserta Kuliah Umum ini diajak mengetahui : Sistem manajemen pembelian, diantaranya adalah berkaitan dengan peran dan tanggung jawab pembelian di perusahaan media,  mengetahui tantangan-tantangan dan perkembangan apa saja yang dihadapi dalam fungsi pembelian, Analisis sumber pasokan yang meliputi : strategi pemilihan pasokan, teknik dalam mengevaluasi pemasok, serta pembinaan pemasok, Negosiasi pembelian yang meliputi : teknik pembelian serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam negosiasi pembelian, Penghematan biaya yang meliputi : peran pembelian dalam penghematan biaya serta teknik-teknik strategi penghematan biaya (strategis dan taktis).

Diharapkan, setelah mengikuti kegiatan Kuliah Umum ini, mahasiswa Teknik Industri  nantinya dalam dunia kerja mampu mengaplikasikanya, jika terjun dalam dunia SCM, yaitu dengan memahami fungsi dan peran pembelian, memperoleh tambahan pengetahuan mengenai analisis sumber pasokan dan negosiasi pembelian, mengindentifikasi peluang penghematan biaya pembelian, menjelaskan keterkaitan anntara fungsi pembelian dan fungsi lain dalam perusahaan atau organisasi, serta memahami tantangan dan perkembangan manajemen pembelian.