Teknik Penerbangan

Teknik Penerbangan


Sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki tantangan sekaligus peluang yang cukup besar pada bidang transportasi, khususnya transportasi udara. Transportasi udara dengan segala kelebihannya menjadi salah satu tulang punggung dalam rantai distribusi logistik dan pemerataan hasil-hasil pembangunan selain tentu saja sebagai sarana utama mobilisasi penduduk antar daerah.

Pertumbuhan kebutuhan (demand) transportasi udara dari tahun ke tahun terus meningkat seiring dengan pertumbuhan perekonomian dan pemerataan pembangunan nasional. Hal ini disikapi dengan baik oleh industri penerbangan yang secara bebarengan juga terus meningkatkan kapasitas pelayanan transportasi udara.

Peningkatan kapasitas pelayanan transportasi udara berarti peningkatan jumlah Pesawat Terbang, peningkatan kapasitas bandara,  peningkatan kapasitas perawatan Pesawat Terbang dan peningkatan kapasitas pendukung penerbangan lainnya. Peningkatan kapasitas sistem penerbangan nasional ini selain harus didukung oleh pengembangan infrastruktur, peningkatan teknologi dan penambahan sarana namun juga harus dibarengi dengan peningkatan jumlah dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Program Studi (Prodi)Teknik Penerbangan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) sebagai salah satu penyedia SDM dunia penerbangan yang kompeten, terlatih dan terampil berfokus padapenanamanpengetahuanteknik penerbangansehingga lulusan mampu berhasil dalamkarir profesional mereka, baik itu pada industri, pemerintahan, ataupun akademisi yang berhubungan dengan dunia penerbangan.