AIRCRAFT GENERAL FAMILIARIZATION…

AIRCRAFT GENERAL FAMILIARIZATION PESAWAT BOEING 737-900 NG PADA PRODI D III AERONAUTIKA


Kedirgantaraan merupakan ciri khas dari Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA). STTA memiliki dua Program Studi (Prodi) yang secara khusus mempelajari mengenai  kedirgantaraan yaitu Prodi Teknik Dirgantara dan Prodi Aeronautika. Sedangkan empat Prodi lainnya memberikan materi yang berupa mata kuliah wajib ataupun pilihan tentang kedirgantaraan pada seluruh mahasiswanya. Mata kuliah yang disampaikan antara lain, komponen pesawat, material pesawat, konstruksi pesawat, dan sistem pesawat. Dengan demikian seluruh mahasiswa STTA mendapatkan materi tentang pesawat terbang. 

Pelatihan tentang pesawat terbang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan pada dosen, instruktur, atau laboran yang dalam tugasnya memberikan materi yang berkaitan dengan pesawat terbang. Pelatihan ini memfokuskan materi tentang sistem, struktur, dan propulsi pada salah satu tipe pesawat yang saat ini banyak digunakan atau dioperasikan oleh maskapai penerbangan. Pemilihan pesawat Boeing 737-900 NG dikarenakan populasi pesawat tersebut banyak diproduksi dan beroperasi di Indonesia

Program Studi Aeronautika, menyelenggarakan pelatihan AIRCRAFT GENERAL FAMILIARIZATION PESAWAT BOEING 737-900 NG selama sepekan, dimulai  Senin hingga Jumat (12 s/d 16 Agustus)lalu, di ruang Atang Sanjaya 4 Kampus STTA, diikuti oleh 48 peserta yang terdiri dari seluruh dosen Prodi Aeronautika, terlebih bagi dosen yang memangku mata kuliah yang berkaitan dengan pesawat terbang, mahasiswa Aeronautika konsentrasi Airframe Powerplant (AP), Instruktur atau laboran yang berkaitan dengan pesawat terbang, dan tenaga kependidikan yang berminat mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan tersebut dimulai pukul 08.00 WIB s/d 16.00 WIB setiap harinya dengan mengundang narasumber Abdul Rozaq Fathoni, S.SiT., selaku Senior Instructor of Learning Service PT. Garuda Maintenance Facility (GMF AeroAsia). Acara pelatihan ini dibuka oleh M. Jalu Purnomo, S.T., M.Eng., selaku Kepala Program Studi Aeronautika. Pelatihan ini diisi dengan  presentasi  materi dan tanya jawab interaktif antara peserta dan narasumber. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pesawat terbang, memperkenalkan sistem-sistem serta perkembangan teknologi yang digunakan pesawat terbang saat ini. Harapannya peserta pelatihan ini, dapat memberikan atau menstranfer ilmu tentang perkembangan teknologi pesawat terbang kepada para mahasiswa.