STTA SELENGGARAKAN WORKSHOP…

STTA SELENGGARAKAN WORKSHOP KARYA TULIS ILMIAH PKM 2019


Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan bentuk kongkrit dari tertuangnya ide-ide kreatif mahasiswa. Budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa dirasa perlu dikembangkan, guna menumbuhkan kreativitas serta daya kompetisi karya tulis mahasiswa diranah nasional. Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan dan menumbuhkan kreativitas mahasiswa, serta keikutsertaannya dalam kegiatan PKM, Bagian Pembinaan Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) menyelenggarakan Workshop Karya Tulis Ilmiah PKM 2019, dengan tema “Wujudkan Ide Dalam Karya Generasi Ilmiah Berprestasi”, pada Senin (16/09) lalu, bertempat di ruang Adisutjipto. Dengan mengundang dua pembicara Dr. Pujianto, S.Pd.,M.Pd., yang merupakan dosen dan pembimbing PKM Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Budi Sumanto, S,Si.,M.Eng., yang merupakan dosen dan pembimbing PKM Universitas Gadjah Mada (UGM). Diikuti oleh sekitar kurang lebih 200 mahasiswa dari berbagai Program Studi.

Kegiatan Workshop ini diawali dengan sambutan oleh Ketua STTA, Dr. Ir. Drs T Ken Darmastono, M.Sc., dan dilanjutkan dengan paparan materi oleh kedua pembicara. Dalam Workshop PKM ini, pembicara juga memberikan motivasi dan teknik penulisan PKM yang berkualitas kepada para mahasiswa, tidak hanya sekedar memberikan paparan materi, dan tanya jawab interaktif antara peserta dan pembicara, namun terdapat pula  praktek penulisan pada sesi ketiga kegiatan workshop. Seluruh peserta workshop diberikan kesempatan untuk menuangkan ide kreatif mereka dalam bentuk tulisan. Tulisan ini merupakan sebuah simulasi atau kerangka berpikir sebelum membuat sebuah PKM. Format penulisannya meliputi jenis PKM, permasalahan yang ada, hingga solusi yang ditawarkan oleh penulis.

Kegiatan workshop PKM ini dapat dikatakan cukup sukses, melihat antusiasme peserta yang tinggi terhadap kegiatan ini. Melalui kegiatan ini pula, setidaknya dapat diketahui betapa besar potensi para peserta khususnya dalam penulisan PKM. Hal ini dapat dilihat dari hasil praktek penulisan ilmiah yang menghasilkan tulisan-tulisan dengan ide yang kreatif dan solutif. Kegiatan ini menjadi sebuah langkah awal untuk membangun budaya menulis ilmiah di kalangan mahasiswa. Harapannya dimasa mendatang banyak mahasiswa STTA yang antusias untuk mengikuti lomba-lomba penulisan ilmiah, seperti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dan karya tulis ilmiah yang lainnya.