SEMINAR KEWIRAUSAHAAN…

SEMINAR KEWIRAUSAHAAN 2018 “Kewirausahaan Ala Mahasiswa”


Semakin maju suatu negara  semakin banyak pula masyarakat yang terdidik, namun dampak dari itu semua pengangguran semakin banyak pula, sehingga dirasa makin pentingnya dunia wirausaha. Pembangunan akan  lebih berhasil jika ditunjang wirausahawan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Kita sadari bahwa  kemampuan pemerintah terbatas dalam menggarap semua aspek pembangunan. Hal tersebut berkaitan dengan anggaran, personalia dan pengawasannya.

Menghadapi tantangan tersebut diatas, Senin, 09 Juli  2018 di gedung Adisutjipto Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik  Elektro  STTA (Sekolah Tinggi Teknologi  Adisutjipto) menyelenggarakan seminar kewirausahaan dengan tema “Kewirausahaan Ala Mahasiswa” dengan mengundang pembicara bapak Drs. Benjamin Lemta Luntungan, B.SC., S.H., M.M,. Dalam acara tersebut  hadir Waket II Bapak Junianto, S.T, M.T, Bapak Drs. Suhanto, M.T  selaku  Waket III,  Ibu Ratna Widihastuti, S.E.,M.M. selaku Kabag Kewirausahaan , dan Ibu. Rindu Alriavindra Funny, S.Pd.,M.Sc. selaku Kabag Kemahasiswaan.

Dalam seminar ini pemapar menyampaikan pentingnya ilmu wirausaha dalam pembangunan. Diharapkan dengan diselenggarakan seminar ini dapat menumbuhkan minat para mahasiswa dalam berwirausaha. Sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri tanpa menggantungkan dari pemerintah / orang lain. Dapat  memanfaatkan sumber daya / faktor produksi  seperti: bahan baku / alam, tenaga kerja, modal , dan peralatan, selain itu juga dapat menunjang program pemerintah dalam memajukan UMKM, KUR, dan koperasi.

Ilmu Kewirausahaan sangatlah penting bagi  mahasiswa, dikarenakan tidak semua lulusan dari perguruan tinggi memiliki kesempatan untuk bekerja sesuai dengan jurusan yang di ambil di bangku kuliah. Dengan bekal kewirausahaan ini diharapkan dapat merubah pola pikir mahasiswa untuk mampu bekerja mandiri  guna mengembangkan kewirausahaan di Indonesia. Seminar ini mengajak mahasiswa berfikir kreatif dan inovatif terhadap usaha yang mereka geluti sekarang dan memotivasi yang belum pernah merasakan berwirausaha agar mau mencoba untuk berwirausaha.