KEGIATAN PENGABDIAN…

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DEPARTEMEN INFORMATIKA STTA DI KECAMATAN PATUK


Departemen Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA), mengadakan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama tiga  hari, tanggal 5 – 8 November 2019. Kegiatan yang rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun ini, kali mengambil tema Pelatihan Pembuatan Video Pariwisata, yang dikhususkan untuk desa – desa di wilayah Kecamatan Pathuk, Gunung Kidul. Kecamatan Pathuk sendiri memiliki 11 desa yang semuanya memiliki lokasi tujuan wisata.

Kegiatan pelatihan selama tiga hari ini, diikuti oleh 16 pemuda karang taruna sebagai perwakilan dari  desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Pathuk. Hari pertama pelatihan, dilaksanakan di Kampus STTA dengan agenda kegiatan pengenalan software dan alat yang akan digunakan dalam proses pembuatan video. Hari kedua, kegiatan dilaksanakan dengan mengambil tempat di lokasi wisata Gunung Ireng, Gunung Kidul, dengan agenda pengambilan gambar.  Dan hari ketiga, kegiatan kembali dilaksanakan di Kampus STTA dengan kegiatan editing video. Sedangkan hari ini, Jumat (8/11), merupakan penutupan dari seluruh kegiatan pengabdian masyarakat Departemen Informatika, yang bertempat di Kantor BKAD Pathuk, Gunung Kidul. Kegiatan penutupan yang disimboliskan dengan pemberian 2 set peralatan pengambilan gambar, berupa kamera, tripod dan gimbal kamera, langsung diserahkan oleh Kepala P3M STTA, Dr. Okto Dinaryanto, S.T, M.M., M.Eng., yang didampingi oleh Kaprodi Informatika, Anggraeni K., S.Kom.,M.Cs., beserta para dosen Departemen Informatika. Yang diterima langsung oleh Kasi Tapem Kecamatan Patuk, Bapak Supadna, dan Kepala BKAD UPK Kecamatan Patuk.

Diharapkan dengan adanya pelatihan pembuatan video profil pariwisata ini dapat mengembangkan potensi wisata dari seluruh desa di kecamatan Patuk serta dapat menggali potensi  para pemuda Karang Taruna dalam kemampuan videografi sehingga dapat mengembangkan kreatifitasnya yang bermanfaat bagi perkembangan desanya masing – masing.