INFORMATIKA ITDA MENGABDI,…

INFORMATIKA ITDA MENGABDI, BERIKAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DESA PENGKOK GUNUNGKIDUL


Pandemi Covid-19 membuat seluruh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi sektor paling rentan terkena imbasnya. Dan sebagai kelanjutan kerjasama antara Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Gunung Kidul dengan Insititut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA), Dosen Prodi Informatika ITDA melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema " Pelatihan Digital Marketing untuk Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif di Desa Pengkok, Kapanewo Patuk, Gunungkidul " yang dilaksanakan selama 4 hari, mulai dari tanggal 15 – 18 November 2021, yang bertempat di Balai Desa Pengkok, Kapanewon Patuk Gunungkidul.

Kegiatan yang diikuti oleh 12 orang dosen Prodi Informatika ini, diikuti juga oleh mahasiswa dan alumni Informatika sebagai narasumber dalam pelatihan. Pelatihan yang diikuti oleh 18 pelaku UMKM ini beragendakan kegiatan pelatihan pengambilan foto produk, pelatihan editing foto, pembuatan video produk, promosi produk ke media sosial Instagram dan TikTok, dan cara pemasaran produk melalui e-commerce, yaitu Shopee. Yang meliputi pembuatan toko online, upload produk dan tips memaksimalkan penjualan di Shopee.

Harapannya dengan adanya pelatihan ini, masyarakat pemilik usaha dapat bertahan selama pandemi. Dan dengan digitalisasi UMKM ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Pengok, Kabupaten Gunung Kidul.