Jurusan Teknik Aeronautika…

Jurusan Teknik Aeronautika yang Banyak Diminati!


Dengan terus dikenalnya dunia dirgantara dengan mulai bertambahnya variasi tipe pesawat yang dikembangkan oleh perekayasa pesawat terbang. Membuat siapa saja kini menjadi tertarik untuk menekuni bidang profesi yang berkaitan dengan pesawat terbang. Jurusan teknik aeronautika bisa menjadi pilihan pendidikan yang bisa ditempuh bila ingin berkarir dalam dunia penerbangan.

Berbeda dengan jurusan pendidikan lainnya yang berkaitan dengan penerbangan. Dimana, teknik aeronautika memiliki cakupan bidang yang lebih luas yaitu, berkaitan dengan segala aspek penerbangan di dalam atmosfer bumi seperti pesawat komersil, helikopter, pesawat militer. Sehingga ada berbagai bidang karir yang dapat dipilih untuk difokuskan menjadi pekerjaan sesuai dengan skill dan kemampuan yang dimiliki.

Universitas yang memiliki jurusan aeronautika masih sangatlah sedikit yang menawarkan jurusan ini. Hanya ada beberapa sekolah kedirgantaraan yang menawarkannya. Dari segi kualitas pendidikan yang diberikan juga sudah sangat memadai dan terakreditasi sehingga, sangat menunjang dalam karir kedepannya setelah selesai menempuh pendidikan.

Apa Itu Teknik Aeronautika?

Teknik aeronautika adalah program studi yang didalamnya akan diberikan pengetahuan mengenai kedirgantaraan yang mencakup perancangan, pembuatan, dan pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Dalam pengaplikasiannya pada dunia pekerjaan teknik aeronautika lebih menjuru mempelajari ilmu keteknikan pesawat terbang.

Setiap kampus atau institusi pendidikan yang menyediakan jurusan teknik aeronautika menawarkan konsentrasi yang berbeda-beda. Namun, secara keseluruhan mempelajari hal yang sama seperti bidang teknik, mesin, dan teknologi. Pada program studi aeronautika tidak mempelajari tentang wahana luar angkasa. Karena ada program atau jurusannya tersendiri yaitu, astronautika.

Kerap kali masih banyak yang beranggapan bahwa aeronautika dan astronautika adalah program studi yang sama. Pada dasarnya sama-sama mempelajari tentang wahana yang dapat terbang di udara. Hanya saja ada batasan cakupan jenis wahana atau transportasi yang digunakan. Dimana, aeronautika hanya mempelajari wahana yang terbang di dalam atmosfer bumi. Sedangkan astronautika mempelajari wahana yang dapat terbang di luar atmosfer bumi.

Mata Kuliah yang Akan Dipelajari di Teknik Aeronautika

Jika tertarik dengan jurusan teknik aeronautika ada beberapa pelajaran yang harus bisa untuk dikuasai dan pahami. Karena semua ilmu yang dipelajari satu sama lain sangatlah berkaitan dalam menunjang karir di bidang penerbangan. Mata pelajaran yang akan dipelajari dapat dilihat berikut ini.

  1. Matematika

  2. Fisika Dasar

  3. Kimia Dasar

  4. Pengantar Rekayasa & Desain

  5. Pengenalan Teknik Mesin dan Dirgantara

  6. Gambar Teknik

  7. Statika Struktur

  8. Pengenalan Teknik Dirgantara

  9. Matematika Teknik

  10. Rekayasa Termal

  11. Kinematika dan Dinamika

  12. Material Pesawat dan metode Manufaktur

  13. Mekanika Fluida

  14. Astrodinamika

  15. Mekanika Kekuatan Material

  16. Manufaktur

  17. Dasar Elektronik

  18. Aerodinamika

  19. Analisis Perancangan Struktur

  20. Desain Pesawat Udara

  21. Aspek Lingkungan Teknik Dirgantara

Keunggulan Teknik Aeronautika

Dalam memilih jurusan atau pendidikan yang akan dijalani tentunya tidak sembarang dilakukan begitu saja tanpa adanya pertimbangan terlebih dahulu. Salah satu faktor untuk memilih jurusan yang sesuai adalah dengan melihat jumlah peminatnya. Karena semakin banyak peminatnya menunjukan bahwa jurusan tersebut memiliki keunggulan.

Sama dengan teknik aeronautika banyak keunggulan yang ditawarkan sehingga, menjadi salah satu jurusan yang juga banyak diminati. Jenjang karir yang akan sangat terjamin karena, keperluan sumber daya manusia dibidang teknik penerbangan yang selalu dibutuhkan.

Sehingga tidak akan salah bila memilih jurusan teknik aeronautika sebagai jurusan pilihan untuk menunjang karir pekerjaan. Apalagi bila memiliki ketertarikan dengan pesawat terbang memilih jurusan ini bisa menjadi rekomendasinya.

Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan dari jurusan teknik aeronautika diantaranya:

  • Jenjang karir yang menjanjikan.

  • Menjadi jurusan yang banyak diminati. Karena memiliki tingkat seleksi yang ketat.

  • Proses pembelajaran yang keren. Karena bukan hanya teori yang dipelajari tetapi, dibarengi juga dengan praktek langsung pada pesawat terbang.

  • Jenjang pendidikan yang linear. Sehingga bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi.

  • Meningkatkan kedisiplinan dalam berbagai hal.

  • Gaji yang didapatkan saat bekerja sangatlah menjanjikan.  

Prospek Kerja Lulusan Teknik Aeronautika

Kebutuhan sumber daya manusia dengan latar belakang dari lulusan teknik aeronautika sangatlah tinggi. Hal ini dikarenakan tingkat perkembangan dan kemajuan dunia penerbangan terus mengalami peningkatan. Bukan hanya dari segi produksi pesawat terbang tetapi, berbanding lurus juga dengan jumlah penggunaannya. 

Inilah yang menjadikan prospek kerja lulusan teknik aeronautika sangatlah menjanjikan. Sehingga tidak salah bila memilih program studi ini dalam meningkatkan kemampuan pada bidang pesawat terbang. Selain itu, menempuh pendidikan sesuai dengan bidang profesi yang dipilih dalam hal ini penerbangan sangatlah penting untuk dilakukan. Karena menjadi salah satu syarat untuk dapat bekerja di perusahaan industri atau perawatan pesawat terbang.

Selain prospek kerjanya yang terbuka luas, gaji teknik aeronautika juga sangatlah menjanjikan. Apalagi bila mempunyai jenjang tingkatan karir yang bagus ditambah dengan lisensi atau sertifikasi yang dimiliki. Gaji yang didapatkan bagi lulusan teknik aeronautika di Indonesia hampir sama dengan luar negeri. Untuk jumlahnya kurang lebih 1.4 miliar per tahun dan untuk tingkat penganggurannya juga terbilang cukup rendah yakni sebesar 1.9% dikutip dari CNBC Indonesia.

Itulah sedikit penjelasan mengenai teknik aeronautika yang saat ini banyak diminati oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan jurusan  atau program studi ini banyak diminati, hal ini dikarenakan banyak keunggulan dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Jika ingin lebih dalam mengenal teknik aeronautika bisa kunjungi laman program studi D-III Aeronautika (AMTO).

Masih banyak informasi bermanfaat dan menarik lainnya seputar dunia penerbangan yang bisa dibaca hanya di laman Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto.