UKM TARUNG DERAJAT STTA…

UKM TARUNG DERAJAT STTA RAIH KEMENANGAN DALAM PEKAN OLAHRAGA MAHASISWA DAERAH (POMDA) DIY 2018


UKM Tarung Derajat Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) adalah satuan latihan untuk mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan mahasiswa/i STTA dalam seni bela diri Tarung Derajat. Tarung Derajat adalah seni ilmu bela diri gerak cepat yang merupakan hasil karya cipta putra Bangsa Indonesia. Para petarung bela diri ini memiliki semboyan, yaitu ”Aku ramah bukan berarti takut, Aku tunduk bukan berarti takluk”.

Prestasi membanggakan telah diraih oleh UKM Tarung Derajat STTA dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA) DIY 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) DIY, pada tanggal 3 – 4 Desember 2018, bertempat di Auditorium Bale Lantip. STMIK AKAKOM, Yogyakarta. Dari delapan atlet mahasiswa yang diturunkan oleh UKM Tarung Derajat, STTA berhasil meraih 7 medali, satu medali emas, 3 medali perak dan 3 medali perunggu. Ketujuh medali tersebut dipersembahkan oleh Rudiyanto, mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2016 yang berhasil membawa pulang medali Emas untuk Kelas 64.1 – 67 kg, Zulfikar Yazid, mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2016 untuk medali Perak Kelas 52.1 – 55 kg, Irman, mahasiwa Teknik Mesin Angkatan 2017 untuk medali Perak Kelas 55.1 – 58 kg, Ferdi Fernando Subekti, mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2016 untuk medali Perunggu Kelas 61.1 – 64 kg, Calvin Hasiolan Sinaga, mahasiwa Teknik Industri Angkatan 2016 untuk medali Perak Kelas 58.1 – 61 kg, Danang Setyaji, mahasiswa Teknik Elektro Angkatan 2016 untuk medali Perunggu Kelas 64.1 – 67 kg, dan satu – satunya atlet perempuan Brigitta Agape Sinuhaji, mahasiswa Teknik Mesin Angkatan 2017 yang meraih medali Perunggu untuk Kelas 46.1 – 50 kg.

Melalui ajang POMDA DIY 2018 ini diharapkan dapat terjalin silaturahmi antar atlet mahasiswa DIY serta dapat sebagai penguatan sinergi perguruan tinggi di DIY.  POMDA DIY 2018 sendiri diikuti 26 Perguruan Tinggi anggota BAPOMI DIY dan lebih dari 1657 atlet yang bertanding pada 12 cabang olahraga yaitu bola voli, bola basket, atletik, renang, karate, kempo, tarung derajat, panjat dinding, pencak silat, catur, tenis lapangan, dan bulutangkis. POMDA sebagai salah satu ajang penjaringan atlet mahasiswa untuk berlaga di tingkat nasional, ASEAN, Asia, dan dunia. Diharapkan dengan mengikuti POMDA DIY 2018, nantinya atlet UKM Tarung Derajat STTA dapat ikut berlaga ke tingkat yang lebih tinggi, sehingga dapat mengharumkan nama STTA di cabang olangraga Tarung Derajat tingkat Nasional.