KULIAH UMUM TEKNIK INDUSTRI "EXPLORING SUPPLY CHAIN MANAGEMENT IN MEDIA INDUSTRIES"
- Humas STTA
- /
- December 27, 2018 09:34
Dalam Industri
Manufakturing, kegiatan utamanya adalah mengkonversikan berbagai bahan mentah
serta bahan-bahan pendukungnya menjadi barang jadi dan mendistribusikannya
kepada pelanggan. Dengan menjalankan kegiatan tersebut, maka apa yang disebut
dengan Supply Chain atau Rantai Pasokan pada dasarnya telah terbentuk. Namun
bagi sebuah perusahaan manufakturing, kegiatan Supply Chain atau Rantai Pasokan
ini perlu dijalankan dengan efektif dan efisien sehingga diperlukan Manajemen
yang Profesional dalam pelaksanaannya. Manajemen tersebut biasanya disebut
dengan Manajemen Rantai Pasokan atau Supply Chain Management yang sering
disingkat dengan singkatan SCM, maka Supply Chain Management (SCM) atau Manajemen Rantai Pasokan adalah serangkaian kegiatan yang meliputi Koordinasi, penjadwalan dan
pengendalian terhadap pengadaan, produksi, persediaan dan pengiriman produk
ataupun layanan jasa kepada pelanggan yang mencakup administasi harian,
operasi, logistik dan pengolahan informasi mulai dari pelanggan hingga ke
pemasok. Dalam industri media pun terdapat divisi SCM yang menopang produksi
acara, event dan kegiatan peliputan lainnya.
Departemen Teknologi Industri Sekolah Tinggi Teknologi
Adisutjipto (STTA) menyelenggrakan Kuliah Umum dengan mengangkat tema
“Exploring Supply Chain Management In Media Industries” dengan mengundang
pembicara YBH. Agung Kristiono, selaku Purchasing Senior Officer di PT. Media
Televisi Indonesia (METRO TV) yang juga merupakan juga alumni STTA pada Kamis
(20/12/2018) di ruang Adisutjipto. Hadir dalam kuliah umum tersebut para Wakil
Ketua diantaranya Dedet Hermawan, S.T., M.T selaku Wakil Ketua I, Kol.Sus
(Purn) Drs, Suhanto, M.T selaku Wakil Ketua III, didampingi oleh Kepala
Departemen Teknik Industri Riani Nurdin, S.T.,M.Sc.
Dalam kuliah umum ini, pembicara memaparkan kegiatan SCM
dalam industri media, dimana kegiatan SCM tersebut, berkaitan dengan manajemen
pembelian, bagaimana mahasiswa peserta Kuliah Umum ini diajak mengetahui : Sistem
manajemen pembelian, diantaranya adalah berkaitan dengan peran dan tanggung
jawab pembelian di perusahaan media, mengetahui tantangan-tantangan dan
perkembangan apa saja yang dihadapi dalam fungsi pembelian, Analisis sumber
pasokan yang meliputi : strategi pemilihan pasokan, teknik dalam mengevaluasi
pemasok, serta pembinaan pemasok, Negosiasi pembelian yang meliputi : teknik
pembelian serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam negosiasi pembelian,
Penghematan biaya yang meliputi : peran pembelian dalam penghematan biaya serta
teknik-teknik strategi penghematan biaya (strategis dan taktis).
Diharapkan, setelah mengikuti kegiatan Kuliah Umum ini, mahasiswa Teknik Industri nantinya dalam dunia kerja mampu mengaplikasikanya, jika terjun dalam dunia SCM, yaitu dengan memahami fungsi dan peran pembelian, memperoleh tambahan pengetahuan mengenai analisis sumber pasokan dan negosiasi pembelian, mengindentifikasi peluang penghematan biaya pembelian, menjelaskan keterkaitan anntara fungsi pembelian dan fungsi lain dalam perusahaan atau organisasi, serta memahami tantangan dan perkembangan manajemen pembelian.