FINAL CAPTURE THE FLAG…

FINAL CAPTURE THE FLAG OWWI 2019


Semakin meluasnya penggunaan internet berarti juga meluasnya ancaman keamanan di dunia maya. Keamanan cyber menjadi masalah utama yang dihadapi individu, bisnis, hingga pemerintahan. Keamanan cyber kian penting karena dunia yang saat ini semakin mobile dan terkoneksi. Dalam event One Week With informatic (OWWI) 2019, agenda kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto ini salah satunya adalah kompetisi Capture The Flag (CTF).

Capture The Flag (CTF) merupakan kompetisi hacking, dimana CTF merupakan lomba mencari dan menemukan celah keamanan dalam jaringan komputer yang sudah disediakan oleh panitia penyelenggara. Oleh sebab itu, keberadaan hacker ini tidak merusak system sekuriti pihak lain, kecuali yang sudah disediakan panitia. Jaringan komputer yang disediakan dibuat dan disimulasikan seperti layaknya jaringan internet. Kemudian, peserta lomba ditantang untuk mempelajari jaringan komputer yang telah didesain  dan mencari celah sekuriti yang sengaja dibuat. Setiap tim mendapatkan poin dengan memecahkan setiap tantangan, lebih banyak poin didapatkan jika mampu menyelesaikan tantangan yang lebih kompleks. Hari ini, Kamis (10/04/2019) bertempat di ruang Adisutjipto STTA diselenggarakan final kompetisi CTF dalam rangka OWWI 2019. Hadir dalam event tersebut Kepala Departemen Informatika Anggraeni Kusumaningrum, S.Kom.,M.Cs., didampingi Hero Wintolo, M.Kom selaku dosen Informatika, dan Haruno Sajati, S.T., M.Eng., selaku Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Komputer (TIK). Dengan menghadirkan Juri Josua M.Sinambela, S.T., M.Eng yang merupakan hacker nomer dua se- Indonesia yang juga merupakan CEO Rootbrain.com dan Muhammad Pailus S.Kom.,CEH., yang merupakan Co-Founder komunitas hacker Xcode. Event CTF ini  diminati oleh sekitar 25 tim pendaftar secara online yang kemudian diseleksi menjadi 10 tim pada final hari ini, dimana setiap tim terdiri dari 3 orang.

Event kompetisi CTF seperti ini sangatlah menarik, karena bermanfaat untuk menguji dan melatih kemampuan dalam bidang teknologi informasi seperti jaringan dan pemrograman. Kemampuan dan ilmu yang diperoleh selama terjun sebagai mahasiswa Teknik Informatika bisa dipraktekkan pada soal yang diberikan dalam kompetisi ini. Terdapat hadiah yang menarik pula sehingga antusiasme peserta juga sangat tinggi.