KEGIATAN PENGABDIAN…

KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DEPARTEMEN TEKNIK INDUSTRI


Pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo sedikit banyak membawa pengaruh pada masyarakat yang tinggal di desa terdampak atas pembangunan bandara tersebut. Masyarakat desa terdampak, yang sebelumnya mengelola lahan pertanian, selanjutnya dipersiapkan untuk segera alih profesi dikarenakan lahan pertaniannya digunakan untuk pembangunan bandara baru NYIA. Proses alih profesi ini tentunya harus dibekali dengan skill yang mendukung agar nantinya Sumber Daya Manusia (SDM) ini bisa terserap ke dunia kerja, khususnya di lingkungan bandara tersebut.

Sebagai wujud pengamalan  dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan sebagai tindak lanjut atas jalinan kerjasama antara Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Departemen Teknik Industri menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Better Education For Bright Future” di desa Kebonrejo, Temon, Kabupaten Kulonprogo selama 3 hari yang dimulai pada Jumat dan berakhir pada hari Minggu lalu (03 s/d 05 Mei 2019). Desa tersebut merupakan salah satu desa yang terdampak atas pembangunan bandara baru NYIA. Dalam agenda kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut, dibuka oleh Wakil Ketua III, Kol.Sus (Purn) Drs. Suhanto, M.T., didampingi oleh Kepala Departemen Teknik Industri Riani Nurdin, S.T., M.Sc serta melibatkan beberapa dosen dan mahasiswa. Disambut hangat oleh Kepala Desa Kebonrejo, Sao Wijaya Wiwaana Ilaria, di Balai Desa Kebonrejo dan diikuti oleh sekitar 20 peserta Desa Kebonrejo.

Kegiatan pengabdian ini diisi dengan memberikan beberapa pelatihan untuk pemuda pemudi desa Kebonrejo, diantaranya pelatihan bahasa inggris, dan penyuluhan teknologi. Dimana masyararakat Desa Kebonrejo, Temon, Kulonprogo, dipersiapkan agar SDM usia produktifnya, bisa terserap dunia kerja di lingkungan bandara NYIA. Dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, diharapkan dosen dan mahasiswa dapat melakukan kontribusi nyata dalam mengembangkan dan membangun masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat.