PRESENTASI MAHASISWA…

PRESENTASI MAHASISWA STTA DALAM MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) PKM 2019


Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa, demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Perwakilan tim mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) yang diwakili oleh Nurul Anwar dan Tsamara Atsil Fadilah, keduanya merupakan mahasiswa Departemen Teknik Dirgantara angkatan 2016, dan Adi Yuda Sabil P, mahasiswa Departemen Teknik Industri angkatan 2018, kemarin Rabu (17/07/2019) bertempat di Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkesempatan mempresentasikan PKM-P dengan judul “Bioavtur Berbasis Alga Hijau Chrolla Pyreinoidosa Menuju Indonesia Eco-Energy Pada Pesawat Terbang” pada kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV), dengan didampingi dosen pembimbing PKM, Sri Mulyani, S.T., M.Eng., dan Rindu Alriavindra Funny, S.Pd., M.Sc selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan.  Kegiatan MONEV ini merupakan tahap penjurian untuk menentukan peserta yang lolos ke PIMNAS. MONEV PKM 5 Bidang ini, menghadirkan dua reviewer nasional yakni Prof. Dr. Bambang Wibisono, M.Pd., dari Universitas Jember, dan Dr. Tri Indri Hardini, M. P.d., dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Harapannya mahasiswa STTA berhasil lolos ke tahap PIMNAS sehingga berbagai inovasi hasil kegiatan PKM ini diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa untuk mampu berkolaborasi dan bersinergi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kemajuan bangsa.