STUDY EXCURSIE MAHASISWA…

STUDY EXCURSIE MAHASISWA DEPARTEMEN INFORMATIKA STTA KE JAKARTA – BANDUNG


Study Excursie (SE) merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Departemen Informatika (HMF), Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA). Dalam program kerja kali ini mengadakan kunjungan ke perusahaan dan institusi yang relevan dengan ilmu Informatika. Kegiatan ini merupakan program rutin tahunan HMF STTA, yang dilaksanakan untuk mempermudah mahasiswa dalam memahami pengaplikasian ilmu Informatika yang dipelajari di kampus dan dunia kerja. Kegiatan SE sendiri memiliki tujuan utama yaitu menambah pengetahuan mahasiswa tentang implementasi  ilmu Informatika di perusahaan pada umumnya, terutama perusahaan yang bergerak di bidang kedirgantaraan, mengetahui prospek kerja di instansi dan perusahaan yang dikunjungi, dan tujuan yang terakhir adalah sebagai perbandingan antara ilmu yang dipelajari di kampus dengan ilmu terapan diluar kampus.

Kegiatan SE Departemen Informatika 2019 ini, dimulai pada Minggu (04/08/2019), dengan rangkaian acara berupa perjalanan menuju Jakarta. Selanjutnya pada hari kedua sampai dengan hari kelima (5-8 Agustus 2019) akan diadakan kunjungan ke beberapa perusahaan di Jakarta - Bandung. Diikuti oleh sekitar 61 mahasiswa, didampingi oleh Kepala Departemen Informatika, Anggraeni Kusumaningrum, S.Kom., M.Sc., serta Asih Pujiastuti, S.Kom., M.Cs selaku dosen Informatika.

Perusahaan pertama yang dikunjungi pada agenda SE kali ini adalah AirNav Indonesia, merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang usaha pelayanan navigasi udara. Sementara pada kunjungan perusahaan selanjutnya, rombongan mahasiswa Departemen Informatika berkesempatan mengunjungi Agate Studio, sebuah perusahaan game developer yang terletak di Bandung. Di era milenial saat ini, industri game dan aplikasi bisa dbilang salah satu industri kreatif dengan potensi yang sangat besar, terlebih bagi lulusan Informatika.

Harapannya dengan mengikuti kegiatan SE ini, mahasiswa dapat menimba ilmu, bertambah wawasannya, serta mempunyai gambaran sejak awal mengenai peluang bagi lulusan informatika di dunia kerja.