STTA TERIMA VISITING…

STTA TERIMA VISITING PROFESSOR DARI JEPANG DAN THAILAND


Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) kembali adakan sesi Visiting Professor pada hari Senin (4/11) bertempat di Ruang Adisutjipto, STTA. Setelah sebelumnya menghadirkan Visiting Professor dari Taiwan, kali ini STTA hadirkan Visiting Professor, Prof. Satoshi Takahashi dari University of Electro Communications Jepang dan Prof. Kiyota Hashimoto dari Prince of Songkla University Thailand. Kedatangan dua professor ini disambut hangat oleh Wakil Ketua I STTA, Dedet Hermawan S.T.,M.T. beserta para Kaprodi.

Dalam sesi pertamanya, Prof. Satoshi Takahashi dari University of Electro-Communications Jepang , berbicara tentang optimalisasi kontrol lalu lintas di jalan, transportasi laut, dan penerbangan. Secara khusus yaitu tentang eliminasi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar, yang menurutnya menjadi salah satu masalah sistem sosial yang penting. Untuk mengatasi masalah ini, tidak hanya perlu mengumpulkan data lalu lintas tetapi juga secara akurat untuk memahami tingkat kemacetan. Dalam beberapa tahun terakhir, “routing game” telah diusulkan sebagai model matematika untuk memahami tingkat kemacetan. Model ini adalah untuk menemukan keseimbangan arus lalu lintas. Dalam pembicaraan ini, Prof. Satoshi Takahashi dari University of Electro-Communications Jepang akan memperkenalkan proyek penelitian kami untuk menyelesaikan kemacetan lalu lintas menggunakan “routing game”.  Dalam sesi kedua, Prof. Kiyota Hashimoto dari Prince of Songkla University Thailand memaparkan tentang “Introduction to Data Science”, yaitu lebih menjelaskan tentang pentingnya sistem computer untuk analisis data.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal sebagai bagian dari semangat internasionalisasi STTA. Beliau menambahkan bahwa kegiatan tersebut bisa memantik semangat civitas STTA untuk berkarya dalam lingkup global.