SOSIALISASI ANTI NARKOBA…

SOSIALISASI ANTI NARKOBA UKM DENAKAA


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Detasemen Anti Narkoba Adisutjipto (DENAKAA) Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO) laksanakan sosialisasi anti narkoba, pada hari Rabu (10/08), bertempat di Ruang Atang Sanjaya. Dengan tema kegiatan, ”Antisipasi Penyebaran Narkoba di Kalangan Mahasiswa”, yang diikuti oleh anggota UKM DENAKAA dan mahasiswa ITDA.

Hadir sebagai narasumber, Bapak Eko Prasetyo, selaku Pekerja Sosial di Kementerian Sosial UPTD PSPP Pamardi Putra Yogyakarta, yang memberikan materi tentang “Napza dan Rehabilitasi”. NAPZA sendiri merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat adiktif lainnya yang dapat berupa zat, obat atau bahan lainnya yang jika dikonsumsi dapat memengaruhi tubuh terutama otak atau susunan saraf pusat, dan jika digunakan secara berlebihan atau sembarangan menyebabkan gangguan kesehatan fisik, psikis dan fungsi sosial. Narasumber selanjutnya adalah Muhammad Ihsan, selaku Ketua Himpunan Satgas Mahasiswa P4GN Yogyakarta (Hismaparta) periode 2020-2022. Hismaparta sendiri merupakan wadah wadah satgas anti narkoba mahasiswa di DIY, yang diikuti oleh beberapa satgas kampus di Yogyakarta. Dalam kesempatan kali ini Muhammad Ihsan berbagi pengalamannya sebagai satgas anti narkoba di tingkatan mahasiswa.

Harapannya, kegiatan ini dapat mencegah penyalahgunaan NAPZA atau narkoba di kalangan mahasiswa sekaligus mengedukasi tentang penanganan korban penyalahgunaan NAPZA pada panti rehabilitasi. Secara khusus, diharapkan nantinya mahasiswa ITD ADISUTJIPTO dapat menjadi agen perubahan dalam memberantas penyalahgunaan narkoba dan mampu menghadapi penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar mereka.