REKTOR ITDA JADI PEMBICARA…

REKTOR ITDA JADI PEMBICARA DALAM WEBINAR SERIES PERTAHANAN “POTENSI DAN TANTANGAN CYBERSCURITY DIBIDANG PERTAHANAN DAN KEAMANAN NEGARA”


Puslit Internet of Things dan Teknologi Pertahanan (IoTTP) Intitut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang bekerjasama dengan Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA), adakan Webinar Series Pertahanan “Potensi dan tantangan Cybersecurity dibidang Pertahanan dan Keamanan Negara” pada hari Kamis (08/09), secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Webinar yang menghadirkan Rektor ITDA, Kolonel Lek. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE., dan Guru besar Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas ITS, Prof. Tohari Ahmad, S.Kom., M.IT., Ph.D., sebagai pembicara ini diikuti 220 orang peserta dari ITS, ITDA, Universitas Pertahanan dan masyarakat umum.

 

Dalam paparannya, Rektor ITDA mengangkat tema “Potensi dan Tantangan Pengembangan Teknologi Cybersecurity dalam Pertahanan dan Keamanan Negara”, Garis besar materi yang dibawakan adalah tentang Cyberspace, Cyber Warfare, Cyber Center of Gravity, Cyberspace Operations (CyOps) – Military Operations, Cyber-Physical Systems, Cyberattack Types, dan Advanced Techniques. Sedangkan Prof. Tohari Ahmad, S.Kom., M.IT., Ph.D., memberikan paparan terkait Potensi dan Tantangan Pengembangan Teknologi Cybersecurity di Indonesia.


Semoga dengan penyelenggaraan webinar ini, menjadi Langkah awal ITDA dengan ITS untuk dapat menjalin kerjasama di bidang Pendidikan, riset, teknologi maupun bidang lainnya disesuaikan dengan kebutuhan kedua belah pihak.