GUBERNUR AAU HADIRI…

GUBERNUR AAU HADIRI WISUDA TA. 2022/2023 ITD ADISUTJIPTO


Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto) kembali meluluskan alumninya yang acara wisudanya dilaksanakan pada Kamis (24/11/2022), secara luring, bertempat di Indraprasta Grand Ballroom Sahid Raya Hotel and Convention Yogyakarta. Wisuda kali ini diikuti oleh 355 wisudawan/wati ITD Adisutjipto, yang berasal dari Program Studi Teknik Dirgantara (80 orang), Program Studi Teknik Mesin (60 orang), Program Studi Informatika (55 orang), Program Studi Teknik Industri (60 orang), Program Studi Teknik Elektro (49 orang) dan Program Studi Aeronautika (51 orang). Prosesi wisuda yang dihadiri oleh Gubernur AAU, Marsda TNI Eko Dono Indarto, S.Ip., M.(Ter) Han., Komandan Lanud (Danlanud) Adisutjipto, Marsma TNI Azhar Aditama Djojo Sugito, S.Sos., M.M., M.Han., ini dibuka oleh Ketua Senat ITD Adisutjipto, Marsda TNI (Purn) Wahyudi Sumarwoto, S.E.,M.Si, didampingi Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE.

Pada ada kesempatan wisuda tahun ini, selain sambutan Rektor ITD Adisutjipto juga diberikan sambutan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., selaku Pembina Yayasan Adiupaya TNI AU (YASAU) secara daring. Dilanjutkan sambutan oleh Kepala Wilayah V LLDIKTI, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D, dan orasi ilmiah oleh Director of Business dan Base Operation and Vice President Component Services PT. GMF Aeroasia, Ir. Andi Fahrurrozi, M.T., IPU. Acara ini, dihadiri secara langsung oleh Ketua Umum YASAU Marsma TNI (Purn) Dr. Samto Hadi Isnanto, S.E., M.A., beserta jajaran Pengurus YASAU, Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan YASAU, Pimpinan PTS LLDIKTI Wilayah V, Pimpinan Perusahaan Industri yang bekerja sama dengan ITD Adisutjipto, beserta undangan lainnya.

Diantara para wisudawan tersebut terdapat 48 mahasiswa yang meraih predikat cumlaude. Untuk lulusan berprestasi pamuncak tingkat ITD Adisutjipto untuk S1 diberikan kepada Pandu Setiawan, S.T., Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, dengan IPK: 3.99, predikat cumlaude, dengan masa studi 3 Tahun 11 Bulan 24 Hari dan untuk D III  diberikan kepada Bagus Satrio Pambudhi, A.Md. T. Program Studi Aeronautika, Fakultas Teknologi Kedirgantaraan, dengan IPK: 3.58, predikat cumlaude dengan masa studi 2 Tahun 11 Bulan 29 Hari.

Berkaitan dengan dunia kerja, berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada Februari 2022, di Indonesia ada 13,33% (1.120.128 orang) dari total penganggur yang merupakan alumni perguruan tinggi. Mereka memiliki ijazah diploma tiga atau ijazah strata satu alias bergelar sarjana. Dari jumlah tersebut, jumlah penganggur paling tinggi, 884.769 orang, merupakan lulusan universitas yang bergelar sarjana. Berdasarkan data dari Biro Kerjasama dan Alumni ITD Adisutjipto, masa tunggu lulusan ITD Adisutjipto untuk mendapatkan pekerjaan relative pendek yakni berkisar 2 – 6 bulan dan kecenderungannya masa tunggu lulusan untuk tiap tahun semakin singkat. Hal ini menunjukkan bahwa mutu dari proses pendidikan di ITD Adisutjipto terus meningkat dan mampu menghasilkan lulusan yang siap pakai sesuai kebutuhan industri dan masyarakat, apalagi di dukung oleh kurikulum pendidikanyang adaptif dengan perkembangan industri.

Rektor ITD Adisutjipto berharap, alumni dapat mempromosikan kampus ini dengan cara mengedepankan empat value yang sudah didapatkan di ITD Adisutjipto. Apabila nantinya dalam bekerja dapat meraih sukses dengan cara-cara yang Jujur, Tekun, Tulus dan Disiplin, artinya para alumni telah mengharumkan nama almamater ITDA ini. Dan secara universal, telah ikut andil dalam upaya membangun bangsa dan negara.