SOSIALISASI DAN BIMBINGAN…

SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) KEPADA DOSEN ITD ADISUTJIPTO


Panitia Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto) selenggarakan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) bagi dosennya, pada hari Selasa (17/01), di Ruang Adisutjipto, ITD Adisutjipto. PKM merupakan kompetisi nasional mahasiswa/tolok ukur kualitas mahasiswa, yang menyediakan bidang kegiatan bergam sesuai dengan potensi mahasiswa. Kegiatan di PKM bisa membuka peluang untuk prestasi lainnya dan tentunya dapat mendorong budaya berkompetisi dan berkegiatan ilmiah di kalangan mahasiswa.

Kegiatan bimtek ini menghadirkan narasumber, Arif Fajar Wibisono, S.E., M.Sc., yang berprofesi sebagai Kepala Divisi Berprestasi dan sekaligus Reviewer PKM Nasional dari Universitas Islam Indonesia (UII). Program kreativitas mahasiswa ini merupakan kolaborasi antara mahasiswa dan dosen sebagai pembimbing. Peran dosen dalam mendampingi mahasiwa dalam PKM harusnya bisa memotivasi, mengarahkan, menginspirasi serta memberikan bimbingan kepada mahasiwa dalam penyusunan proposal. Salah satu indikator kolaboratif yang dapat dilakukan dalam kegiatan PKM ini adalah terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.

PKM ini merupakan media untuk dosen dan mahasiswa dalam berkolaborasi untuk menghasilkan suatu ide, gagasan atau solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kolaborasi yang baik antara dosen dan mahasiswa dapat menghasilkan proposal PKM yang berkualitas sehingga dapat berkiprah di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) karena PKM ini akan bermuara di PIMNAS.