REKTOR ITD ADISUTJIPTO…

REKTOR ITD ADISUTJIPTO PIMPIN LATIHAN DASAR PEMBENTUKAN KARAKTER KEDIRGANTARAN MAHASISWA


Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto), Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE. jadi Pimpinan Umum Latihan Dasar Pembentukan Karakter Kedirgantaraan (LDPKK) Mahasiswa ITD Adisutjipto, yang berlangsung selama 3 (tiga) hari yang dimulai pada tanggal 3 – 5 Februari 2023. LDPKK dimulai dengan Upacara Pembukaan yang diikuti oleh 66 orang peserta LDPKK, para pejabat, dosen dan karyawan di lingkungan ITD Adisutjipto pada hari Jumat, tanggal (03/02/2023), bertempat di Lapangan Tengah ITD Adisutjipto. LDPKK tahun ini mengambil tema “Tingkatkan Prestasimu Untuk Menjadi Pemimpin Yang Berkarakter Kedirgantaraan” ini diikuti oleh perwakilan Senat Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa (HM) dan mahasiswa Prodi Aeronautika Angkatan 2022.

Latihan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari disahkannya struktur kepengurusan yang baru dalam organisasi Senat Mahasiswa, BEM, UKM dan HM. Metode latihan di dalam LDPKK T.A. 2022/2023 ITD Adisutjipto berupa bina kelas teori, yaitu Materi jam Komandan, Kepemimpinan dan Bela negara. Untuk kegiatan bina lapangan, kegiatannya berupa Baris-berbaris, Jungle Survival, Jurit malam, Psikologi Lapangan dan Character Building. Karakter Kedirgantaraan meliputi karakter Jujur, Tulus, Tekun dan Disiplin yang merupakan value ITD Adisutjipto melalui proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya. 

Latihan Dasar Pembentukan Karakter Kedirgantaraan T.A. 2022/2023 ITD Adisutjipto ditutup dengan Upacara Penutupan yang dilaksanakan pada hari Minggu (05/02/2023), bertempat di Lapangan Tengah ITD Adisutjipto. Dalam Upacara Penutupan tersebut, diumumkan Perserta Terbaik LDPKK per- pleton, Terbaik Pleton 1, Agung Putra Darmawan dari Prodi Aeronautika Angkatan 2022, Terbaik Pleton 2, Nico Candra Winata dari Prodi Teknik Dirgantara Angkatan 2021, dan Terbaik Pleton 3 diraih Hario Sada Sihombing dari Prodi Teknik Dirgantara Angkatan 2021, yang juga meraih gelar Terbaik Umum. Peserta LDPKK juga mendapatkan Wing LDPKK dan Brevet Jungle Survival, sebagai tanda berhasilnya para peserta dalam menyelesaikan seluruh rangkaian LDPKK. Diharapkan nantinya peserta dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan dalam latihan tersebut kepada masing-masing anggota organisasi untuk membawa perubahan yang lebih baik dengan menjunjung tinggi karakter  Jujur, Tulus, Tekun dan Disiplin.