UPACARA PERINGATAN HARDIKNAS…

UPACARA PERINGATAN HARDIKNAS 2023 DI ITD ADISUTJIPTO "BERGERAK BERSAMA SEMARAKKAN MERDEKA BELAJAR"


Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto) adakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Tengah ITD Adisutjipto Yogyakarta, pada hari Selasa (02/05/23). Upacara dipimpin langsung oleh Wakil Rektor II, Kol (Purn) Drs. Syafrudin Abdie, M.Kom.  Upacara diikuti oleh Wakil Rektor, Koorsahli, Ka SPI, para Dekan, para pejabat struktural ITD Adisutjipto, Dosen, Tenaga Pendidikan, dan Perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di lingkungan ITD Adisutjipto.

Pada kesempatan itu Wakil Rektor II, selaku pembina upacara membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023. Dalam pidato Menteri yang dibacakan Wakil Rektor II mengatakan perkembangan dunia pendidikan sejalan dengan kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Menteri Nadiem Anwar Makarim, serta mengajak menyemarakan hari Pendidikan Nasional ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan.

Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi dalam dunia Pendidikan di Indonesia, dimana-mana dari ujung barat sampai ujung timur, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.