REKTOR ITD ADISUTJIPTO…

REKTOR ITD ADISUTJIPTO TURUN LANGSUNG DAMPINGI MAHASISWA BARU TA. 2023/2024 DALAM LATIHAN DASAR PEMBENTUKAN KARAKTER KEDIRGANTARAN


Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto), Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE. turun langsung mendampingi mahasiswa baru TA. 2023/2024 dalam Latihan Dasar Pembentukan Karakter Kedirgantaraan (LDPKK), yang berlangsung selama 3 (tiga) hari yang dimulai pada tanggal 1 – 3 September 2023. LDPKK dimulai dengan Upacara Pembukaan yang diikuti oleh mahasiswa baru, para pejabat, dosen dan karyawan di lingkungan ITD Adisutjipto pada hari Jumat, tanggal (01/09/2023), bertempat di Lapangan Tengah ITD Adisutjipto.

Tahun ini merupakan tahun pertama kegiatan LDPKK yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru, ini tidak lain sebagai upaya ITD Adisutjipto untuk membentuk karakter Jujur, Tekun, Tulus dan Disiplin bagi mahasiswanya. Metode latihan di dalam LDPKK T.A. 2022/2023 ITD Adisutjipto berupa bina kelas teori, yaitu Materi jam Komandan, Kepemimpinan dan Bela negara. Untuk kegiatan bina lapangan, kegiatannya berupa Baris-berbaris, Jungle Survival, Jurit malam, Psikologi Lapangan dan Character Building. Karakter Kedirgantaraan meliputi karakter Jujur, Tulus, Tekun dan Disiplin yang merupakan value ITD Adisutjipto melalui proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku pengikut untuk mencapai tujuan, mempengaruhi untuk memperbaiki kelompok dan budayanya.

Tahun ini medan dan tantangan yang dihadapi peserta lebih kompleks dari LDPKK sebelumnya, mengambil rute long march dan jungle survival dari Lapangan Banyunibo menuju Candi Barong kemudian malamnya dilanjutkan dengan Jurit Malam di Masjid Wotgaled sampai dengan titik akhir di Lapangan Bola ITD Adisutjipto. Seluruh peserta dapat menyelesaikan misi dengan sehat, selamat dan penuh semangat.

LDPKK nagi Mahasiswa Baru TA. 2023/2024 ITD Adisutjipto ditutup dengan Upacara Penutupan yang dilaksanakan pada hari Minggu (03/09/2023), bertempat di Lapangan Tengah ITD Adisutjipto, pada upacara tersebut juga disematkan Wing LDPKK dan Brevet Jungle Survival kepada seluruh mahasiswa baru sebagai tanda berhasilnya para peserta dalam menyelesaikan seluruh rangkaian LDPKK. Diharapkan nantinya peserta dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapatkan dalam latihan tersebut kepada masing-masing anggota organisasi untuk membawa perubahan yang lebih baik dengan menjunjung tinggi karakter  Jujur, Tulus, Tekun dan Disiplin.