REKTOR ITD ADISUTJIPTO…

REKTOR ITD ADISUTJIPTO JADI PEMBICARA PADA “ENERGY TALKS SERIES 17”


Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto), Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE. jadi Pembicara pada Energy Talks Series 17 yang diselenggarakan pada hari Kamis (14/09/2023), di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Kegiatan yang berjudul “ACCELERATING DIGITAL INFRASTRUCTURE FOR THE INDUSTRY AND ENERGY SECTOR”, diselenggarakan rutin tiap tahunnya oleh PRAKARSA JARINGAN CERDAS INDONESIA- Indonesia Smart Grid Initiative (PJCI).

Indonesia memiliki potensi tinggi sebagai tujuan investasi dengan kekayaan sumber daya alam, dilihat dari demografi, pasar yang besar, stabilitas ekonomi dan politik yang terjaga. Indonesia diharapkan mampu mengambil dan memanfaatkan momentum pengendalian rantai pasok industri yang sangat strategis bagi dunia. Ini merupakan momentum dimana Indonesia dapat menguasai rantai nilai yang terintegrasi dari hulu hingga hilir secara besar-besaran industri strategis bagi dunia. Seiring dengan komitmen untuk mencapai target net zero emisi pada tahun 2060 atau lebih cepat lagi.

Tujuan dari webinar ini adalah memperkuat peran digitalisasi dalam ketahanan energi, khususnya pembangkitan/transmisi energi terbarukan energi di masa depan, karena dengan digitalisasi kita dapat mengetahui kebutuhan energi terbarukan di masa depan. Dari sisi ekonomi, seberapa besar peran digitalisasi terhadap pembangkitan atau transmisi energi terbarukan di masa depan. Kemudian untuk mengetahui cara menciptakan teknologi hebat untuk efisiensi energi, dan juga membahas sejauh mana kesiapan dan kualitas sumber daya manusia Indonesia untuk digitalisasi 4.0 dan seterusnya.