PERESMIAN MONUMEN DENGAN…

PERESMIAN MONUMEN DENGAN IKON PESAWAT MARCHETTI


Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto),  Marsekal Pertama TNI, Dr. Ir. Arwin Datumaya Sumari, IPU, ASEAN Eng., ACPE, resmikan Monumen Pesawat Latih Khusus TNI AU SIAI-MARCHETTI SF.260, pada hari Selasa (03/10/2023). Monumen dengan icon Pesawat CIA Marchetti ini termasuk dalam kategori pesawat ringan dengan berat maksimum 1.102 kilogram dan berkapasitas 3 penumpang. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan jelajah maksimum 330 Km/jam, pada ketinggian jelajah 10.000 kaki. Marchetti digunakan oleh banyak negara sebagai pesawat latih, bahkan ada yang menggunakan untuk latih tempur.

Pesawat SF 260 atau Marchetti TNI Angkatan Udara dihibahkan kepada ITD Adisutjipto dengan no. LK-2615 pada bulan januari tahun 2008. Sebelum dihibahkan ke ITD Adisutjipto, pesawat Marchetti tersebut digunakan untuk latihan para pilot TNI AU. Marchetti dibuat di Italia dan digunakan TNI AU sejak tahun 2002 dan merupakan pesawat hibah dari AU Singapura.

Sebelum dijadikan monumen atau ikon kampus ITD Adisutjipto, pesawat ini digunakan guna menunjang praktikum mahasiswa D3 Aeronautika dan Teknik Dirgantara ITD Adisutjipto.