REKTOR ITD ADISUTJIPTO…

REKTOR ITD ADISUTJIPTO JADI NARASUMBER FORUM SEKURITI SKK MIGAS – KKKS 2023 DI SURABAYA


Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI, Dr. Ir. Arwin Datumaya Sumari, IPU, ASEAN Eng., ACPE, jadi narasumber dalam Forum/ Rapat Kerja Sekuriti SKK Migas – KKKS 2023, pada hari Senin (9/10/2023), di Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta yang berasal dari berbagai instansi, yaitu SKK Migas dan utusan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang membidangi fungsi sekuriti.

Forum/ Rapat Kerja Sekuriti SKK Migas ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang dilaksanakan oleh Departemen Sekuriti SKK Migas yang bekerja sama dengan para KKS-nya. Materi yang disampaikan oleh Rektor ITD Adisutjipto adalah tentang “Tantangan Penggunaan Artificial Inteligence (AI) dalam Perspektif Ancaman Cyber  Security pada Kegiatan Usaha Hulu Migas”. Tahun ini, Departemen Sekuriti SKK Migas memiliki perhatian khusus terhadap Artificial Inteligence (AI) sebagai suatu produk teknologi yang memiliki 2 mata pisau. Dari sisi keamanan, keberadaannya AI pada kegiatan usaha hulu migas berpotensi menjadi ancaman khususnya bagi KKKS yang menggunakan perangkat teknologi.

Kegiatan ini selain menjadi sarana silaturahmi, juga sebagai wadah berbagi informasi terkait isu dan dinamika pengamanan usaha hulu migas dan meberikan pemahaman sekaligus knowledge upgrading khususnya terkait mitigasi pengamanan kegiatan usaha hulu migas dalam menghadapi dinamika di tahun politik.