REKTOR ITD ADISUTJIPTO…

REKTOR ITD ADISUTJIPTO JADI NARASUMBER DALAM DATA INNOVATION WORKSHOP TENTANG “BUILDING THE FUTURE: IMPLEMENTING STRANAS AI FOR ADVANCING ARTIFICIAL INTELLIGENCE”


Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI, Dr. Ir. Arwin Datumaya Sumari, IPU, ASEAN Eng., ACPE, jadi narasumber pada Data Innovation Workshop dengan tema "Elevating Data Innovation to Establish Data-Driven Organization", yang dilaksanakan pada hari Jumat (13/10/2023), bertempat di Hotel Sheraton Mustika, Yogyakarta.  Rektor ITD Adisutjipto menjelaskan perihal “Building the Future: Implementing Stranas AI for Advancing Artificial Intelligence”.

Seiring dengan perkembangan teknologi, perekonomian Indonesia juga semakin terintegrasi dan menciptakan era ekonomi dan keuangan digital. lntegrasi teknologi dalam aktivitas ekonomi tentu banyak memberikan manfaat terutama dari sisi akselerasi perputaran siklus ekonomi yang semakin cepat dan berkurangnya asymmetric information. Akan tetapi, dinamika tersebut juga memberikan tantangan tersendiri dalam pelaksanaan mandat Bank Indonesia, terutama mengingat semakin banyaknya inovasi yang muncul di sektor keuangan.

Perkembangan teknologi semakin mengurangi barrier (a.l. biaya) pada proses perolehan data sehingga data dapat digunakan sebagai new goods untuk memberikan nilai tambah baru. Sejalan dengan proses bisnis Bank Indonesia, penciptaan data baru ini juga memberikan manfaat untuk perumusan kebijakan, khususnya untuk mendukung proses iterasi dan asesmen dengan mengurangi asymmetric information. Salah satu strategi yang dapat diwujudkan untuk memanfaatkan potensi penciptaan data baru tersebut adalah dengan menciptakan organisasi berbasis data data-driven organization). Di dalam data-driven organization, data dipandang sebagai aset vital yang digunakan untuk mendukung asesmen dan akselerasi inovasi. Oleh karena itu, dalam konteks Bank Indonesia, peranan data sangat krusial untuk efektifitas kebijakan di sektor moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran.