REKTOR ITD ADISUTJIPTO…

REKTOR ITD ADISUTJIPTO JADI NARARUMBER DALAM KULIAH PAKAR #3 UNHAN RI


Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI, Dr. Ir. Arwin Datumaya Sumari, IPU, ASEAN Eng., ACPE, menjadi narasumber pada Kuliah Pakar #3 dengan tema “AI-LECTRONIC” yang dilaksanakan pada hari Rabu (18/10/2023) oleh Teknik Elektro Universitas Pertahanan Republik Indonesia melalui Zoom Meeting. Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan UNHAN RI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Asvial, M.Eng., Ph.d.

Pada kesempatan ini Rektor ITD Adisutjipto menyampaikan bahwa AI merupakan kecerdasan manusia yang diemulasikan melalui model-model matematika yang ditranslasikan ke dalam kode-kode instruksi dengan bahasa pemrograman agar dapat dimengerti oleh komputer. Era digital telah membawa perangkat elektronik ke hampir seluruh aspek kehidupan, yang mana selaras dengan perkembangan AI atau kecerdasan buatan. Adanya AI-Lectronics merupakan bentuk dari integrasi multi disiplin teknologi dimana dengan adanya AI juga ditemukan cara untuk meningkatkan sistem elektronik. Selain itu beliau juga memaparkan berbagai penerapan teknologi AI pada kehidupan sehari-hari khususnya pada lingkungan militer.

Kuliah Pakar #3 ini diikuti oleh mahasiswa UNHAN RI, ITD Adisutjipto serta dosen. Dalam kesempatab tersebut ada pesan Rektor ITD Adisutjipto yang begitu membekas bagi peserta yaitu “Enjoy Electrical Engineering as your breath”.