MOMEN PENUH KEBANGGAAN,…

MOMEN PENUH KEBANGGAAN, WAKIL KEPALA STAF ANGKATAN UDARA HADIRI WISUDA ITD ADISUTJIPTO TA. 2023/2024


Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto) kembali meluluskan alumninya yang acara wisudanya dilaksanakan pada Sabtu (28/10/2023), bertempat di Indraprasta Grand Ballroom Sahid Raya Hotel and Convention Yogyakarta. Wisuda Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Tahun Akademik 2023/2024, diikuti sebanyak 400 orang, yang terdistribusi pada 2 Fakultas dan 6 Program Studi.

Wisuda pada T.A. 2023/2024 ini merupakan wisuda yang istimewa bagi ITD Adisutjipto, yang juga pencapaian ITD Adisutjipto dengan jumlah wisudawan terbanyak dalam sejarah yakni 400 wisudawan/wati dengan rata-rata IPK lulusan 3,24. Angka ini naik daripada tahun lalu yaitu 3,22 serta jumlah lulusan cum laude terbanyak. Terdapat 84 wisudawan yang memperoleh predikat cum laude, yang meningkat daripada tahun sebelumnya dengan jumlah 48 wisudawan atau meningkat 175%. Peningkatan jumlah lulusan juga merupakan indikator meningkatnya kualitas proses pendidikan yang diterapkan di ITD Adisutjipto dalam satu tahun terakhir ini. Secara rerata sejak wisuda pertama pada tahun 2007, telah terjadi peningkatan hingga 196% pada tahun 2023 ini.

Untuk lulusan berprestasi pamuncak pada wisuda ITD Adisutjipto tahun 2023 ini, untuk S1 diraih oleh Ryan Elhaythami, S.T. dari Program Studi Teknik Dirgantara, Fakultas Teknologi Kedirgantaraan, dengan IPK 3.94 dan predikat cumlaude, dengan masa studi 3 tahun 11 bulan 29 hari, sedangkan untuk D3 diraih oleh Daniel Satria Nanditaputra, Amd.T. dari Program Studi Aeronautika, Fakultas Teknologi Kedirgantaraan, dengan IPK 3,61 dan predikat cumlaude dengan masa studi 2 tahun 11 bulan 30 hari.

Prosesi wisuda dibuka oleh Ketua Senat ITD Adisutjipto, dipimpin langsung oleh Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE. Pada kesempatan wisuda tahun ini, selain sambutan Rektor ITD Adisutjipto juga disampaikan sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), selaku Pembina Yayasan Adi Upaya (Yasau) yang disampaikan oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman, M.Si(Han). Dilanjutkan sambutan oleh Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah V, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. Acara ini dihadiri juga oleh Ketua Umum Yasau, Marsekal Pertama TNI (Purn.) Dr. Samto Hadi, S.E., M.Si., beserta jajaran Pengurus Yasau, Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan Yasau, Pejabat terkait di lingkungan TNI AU, Pimpinan Industri mitra ITD Adisutjipto, dan para undangan lainnya.

ITD Adisutjipto telah menetapkan standar keunggulan akademik tinggi dengan memfokuskan dalam bidang sains dan teknologi kedirgantaraan yang diimbangi dengan pembekalan karakter kedirgantaraan yang dibutuhkan oleh Dunia Usaha/Dunia Industri serta menjadi salah satu keunggulan ITD Adisutjipto di era disrupsi teknologi saat ini, yakni Jujur, Tulus, Tekun, Disiplin. Saat ini ITD Adisutjipto menduduki peringkat pertama PTS kedirgantaraan di Indonesia versi SINTA Kemendikbudristek. Untuk itu, Rektor ITD Adisutjipto berpesan agar alumni dapat menjadi marketing agents dan mempromosikan almamaternya dimanapun nanti berkarir. Para alumni wajib mampu mendharma baktikan keilmuan dan keahliannya untuk kemajuan masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia menuju Indonesia Emas tahun 2045.