REKTOR JADI NARASUMBER…

REKTOR JADI NARASUMBER DALAM SEMINAR PASIS SEKKAU ANGKATAN KE-114 TAHUN 2023


Suatu kehormatan, Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI, Dr. Ir. Arwin Datumaya Sumari, IPU, ASEAN Eng., ACPE, diundang untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Seminar Pasis Sekkau Angkatan ke-114 Tahun 2023. Seminar Pasis Sekkau tahun ini bertema “Konsepsi Air Operation Center (AOC) sebagai Pusat Komando dan Kendali Operasi Udara Gabungan”, dilaksanakan pada hari Rabu (1/11/2023), bertempat di Gedung Pramanasala Sekkau Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Kegiatan yang dihadiri juga oleh Komandan Kodiklatau, Marsdya TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M., sekaligus menjadi Keynote Speaker pada seminar ini.

Rektor ITD Adisutjipto memaparkan tentang bagaimana mengintegrasikan kecerdasan buatan dalam pusat operasi udara. Integrasi kecerdasan buatan (AI) dalam pusat operasi udara (AOC) merupakan langkah penting dalam meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dan efisiensi operasional dalam lingkungan pertahanan udara yang semakin kompleks. Integrasi kecerdasan buatan dalam pusat operasi udara menjadi kunci penting dalam memperkuat kemampuan pertahanan udara negara dalam menghadapi ancaman yang semakin kompleks dan dinamis. Dengan memanfaatkan teknologi AI, AOC dapat meningkatkan responsivitas, efisiensi, dan akurasi dalam pengambilan keputusan, sehingga memastikan keamanan dan keberlanjutan operasi udara yang efektif.

Harapannya seminar ini dapat menjadi media pembelajaran melatih untuk berpikir secara sistematis dalam merumuskan dan menyelesaikan suatu permasalahan pada penyelenggaraan seminar dan pada khususnya, para pasis nantinya dapat menuangkannya dalam naskah yang sedang disusun.