JADI NARASUMBER KEGIATAN…

JADI NARASUMBER KEGIATAN PRAKTISI MENGAJAR DI UPN, REKTOR ITD ADISUTJIPTO BERBAGI ILMU TENTANG COGNITIVE ARTIFICIAL INTELLIGENCE


Pada hari Rabu (8/11/2023), Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI, Dr. Ir. Arwin Datumaya Sumari, IPU, ASEAN Eng., ACPE, memenuhi undangan dari Jurusan Informatika Prodi Teknik Industri UPN Veteran Yogyakarta sebagai narasumber dalam Kegiatan Praktisi Mengajar Mata Kuliah Kapita Selekta. Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini bertempat di Ruang Seminar Jurusan Informatika ini diikuti kurang lebih 110 mahasiswa, baik secara tatap muka dan melalui Zoom.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor ITD Adisutjipto membagikan ilmunya perihal Cognitive Artificial Intelligence: Theory and Applications. Kecerdasan Buatan Kognitif (Cognitive Artificial Intelligence) merupakan cabang kecerdasan buatan yang bertujuan untuk mengembangkan sistem yang mampu meniru kemampuan kognitif manusia, seperti pemrosesan bahasa alami, pengenalan pola, dan penalaran, dengan memanfaatkan model yang terinspirasi oleh cara kerja otak manusia. Teori ini berfokus pada pemahaman dan replikasi proses kognitif manusia dalam upaya menghasilkan sistem yang mampu belajar dari pengalaman, beradaptasi dengan lingkungan yang berubah, serta mengambil keputusan yang kompleks. Dalam aplikasinya, Cognitive AI dapat digunakan di berbagai sektor, seperti pengolahan bahasa alami, robotika, sistem rekomendasi, dan analisis data, dengan harapan dapat menghadirkan manfaat signifikan, seperti peningkatan efisiensi, penyelesaian masalah yang kompleks, dan pengembangan teknologi yang lebih manusiawi.