MEMBANGUN KEMAJUAN DUNIA…

MEMBANGUN KEMAJUAN DUNIA KEDIRGANTARAAN, ITD ADISUTJIPTO DAN DISPOTDIRGA KOLABORASI BERIKAN WORKSHOP PEMBINAAN POTENSI DIRGANTARA


Dalam rangka mendukung Program Pembinaan UMKM Berbasis Kemitraan, ITD Adisutjipto kembali mengadakan workshopnya pada hari Rabu (13/12/2023), di Kalurahan Tirtorahayu, Kulon Progo. Kali ini dengan judul “Workshop Pembinaan Potensi Dirgantara" berkolaborasi dengan Dispotdirga Lanud Adisutjipto, yang menghadirkan Kadispotdirga Lanud Adisutjipto, Kolonel Sus. Dedy Indrawanto, sebagai nara sumber utama. Salah satu sorotan utama dari kegiatan ini adalah inovasi yang mengagumkan dalam sektor teknologi dirgantara, yakni "SMART ADAPTIVE ROTOR UNMANNED AERIAL VEHICLE (SAR UAV) SPRAYER". Inovasi ini telah dirancang secara khusus untuk memberikan dukungan yang optimal terhadap sektor pertanian di Galur Kulon Progo.

Kolonel Sus. Dedy Indrawanto, selaku nara sumber, memberikan wawasan mendalam tentang Sosialisasi Penerbangan UAV di Wilayah Ruang Udara Yogyakarta. Sosialisasi ini menjadi langkah strategis untuk memperkenalkan dan memahamkan masyarakat serta pemangku kepentingan mengenai manfaat, regulasi, dan potensi penggunaan UAV di wilayah tersebut. Selain memberikan gambaran menyeluruh, Kolonel Sus. Dedy Indrawanto juga membahas tentang pentingnya kolaborasi antara otoritas penerbangan, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya untuk merumuskan regulasi yang mendukung pengembangan penerbangan UAV secara aman dan efektif.

Pembinaan potensi dirgantara melalui workshop ini bukan hanya bertujuan untuk memberikan informasi, tetapi juga untuk menginspirasi dan membuka ruang diskusi antara para peserta. Diharapkan, kegiatan ini akan mendorong kolaborasi lebih lanjut antara pemangku kepentingan, industri, dan UMKM demi menciptakan solusi-solusi inovatif yang mendukung pembangunan berkelanjutan. Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto melalui kegiatan ini membuktikan komitmennya dalam memberdayakan potensi dirgantara untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam konteks peningkatan kualitas dan produktivitas sektor pertanian di Galur Kulon Progo.