REKTOR ITD ADISUTJIPTO…

REKTOR ITD ADISUTJIPTO MENJADI KEYNOTE SPEAKER PADA 6TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON ADVANCED SCIENCE, EDUCATION, SOCIAL SCIENCE, TECHNOLOGY, AND MANAGEMENT (ICASETM-2023)


Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, APEC Eng. menjadi keynote speaker pada 6th International Conference on Advanced Science, Education, Social Science, Technology, and Management (ICASETM-2023) yang diselenggarakan pada 29-30 Desember 2023. Konferensi tersebut dilaksanakan secara daring dan juga luring di Kuta, Bali, Indonesia.


Dalam keynote speech-nya, Rektor ITD Adisutjipto menyampaikan sebuah perspektif baru dalam Artificial Intelligence (AI) yang telah diperkenalkan sejak tahun 2009 yakni Knowledge-Growing System (KGS) yang merupakan pondasi dari teknologi Cognitive AI yang sedang booming di dunia. KGS merupakan sebuah sistem yang mampu menumbuhkan pengetahuannya seiring dengan bertambahnya informasi yang diterima dari sensor-sensornya atau multi-sensor, seiring dengan berjalannya waktu atau multi-waktu. KGS merupakan teknologi Cognitive AI asli Indonesia hasil karya dari Rektor ITD Adisutjipto dan almarhum Prof. Dr-Ing. Ir. Adang Suwandi Ahmad, DEA, IPU, yang sejak tahun 2019 telah berproses untuk memperoleh Hak Paten nasional. 

KGS telah memperoleh pengakuan internasional dengan diterimanya hibah penelitian luar negeri dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Office of Naval Research Global (ONRG) US Navy, Combat Capabilities Development Command Indo-Pacific (DEVCOM Indo-Pacific) US Army, dan Asian Office of Aerospace Research and Development, AFOSR US Air Force pada tahun 2021 hingga 2023 untuk mengeksplorasi kemampuan KGS dalam Object Recognition and Identification. KGS telah diaplikasikan ke beragam use-case termasuk pada level hardware, salah satunya adalah untuk deteksi Covid 19 melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC-19) yang diselenggarakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada tahun 2020.


Link PMB :

www.pmb.itda.ac.id/


📍 Kompleks Kampus Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto, Karang Jambe, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198


#ITDA #institutteknologidirgantaraadisutjipto #ITDAyogyakarta #ITDAportal #ITDAjogja #ITDAmahasiswa #ITDAdisutjipto #dirgantara #kampus #kampusindonesia #kuliah #kuliahjogja #kampusjogja #sekolahpenerbangan #penerbangan #pendidikanpenerbangan #sekolahaviasi #duniaaviasi #duniapenerbangan #aviasi #aviasiindonesia #dirgantara #aau #tniau