REKTOR RESMIKAN NAMA…

REKTOR RESMIKAN NAMA AULA HUSEIN SASTRANEGARA: MEMPERINGATI SEJARAH DAN PENGABDIAN PAHLAWAN NASIONAL


Pada hari Senin, 8 Januari 2024, Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto), Marsekal Pertama TNI Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, APEC Eng., mengukuhkan keberadaan Aula Husein Sastranegara, sebelumnya dikenal sebagai Ruang Adisutjipto. Aula ini menjadi saksi peringatan atas sejarah dan pengabdian seorang pahlawan nasional Indonesia, Husein Sastranegara, yang gugur pada 26 September 1946. Sebagai seorang patriot, Husein Sastranegara memulai perjuangannya sejak awal kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Lahir pada 20 Januari 1919, perjalanan Husein Sastranegara membawanya bergabung dengan Badan Keamanan Rakyat (BKR) di Bogor, kemudian dengan Resimen Kuda di Bandung, hingga akhirnya ke Lapangan Udara Andir Bandung yang diserbu oleh tentara Jepang. Pindah ke Jogjakarta, Husein Sastranegara bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) bagian penerbangan, dan setelah lulus dari sekolah penerbangan, beliau diangkat sebagai inspektur merangkap perwira operasi, sukses memperbaiki pesawat-pesawat peninggalan Jepang.

Puncak perjuangan Husein Sastranegara terjadi pada 26 September 1946, saat beliau dipercayakan untuk melakukan test flight menggunakan pesawat Cukiu yang baru diperbaiki. Tragisnya, kecelakaan mengakibatkan korban jiwa Husein Sastranegara dan teknisi bernama Rukidi di Kawasan Gowongan, Kota Jogja. Inilah latar belakang diresmikannya Aula Husein Sastranegara, harapannya tidak hanya memberikan penghormatan kepada pahlawan, tetapi juga mewarisi semangat juang beliau, menjadikan aula ini sebagai tempat inspiratif bagi seluruh civitas akademika ITD Adisutjipto.