ITD ADISUTJIPTO GANDENG…

ITD ADISUTJIPTO GANDENG MULTI STAKEHOLDERS UNTUK TINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN KEDIRGANTARAAN


Pada Kamis, 29 Februari 2024, Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto) telah mengukuhkan kemitraan strategis dengan sejumlah pemangku kepentingan dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman, Perjanjian Kerja Sama, dan Implementation Arrangement. Sebagai sebuah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di bawah naungan Yayasan Adi Upaya (Yasau) dan didukung langsung oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), ITD Adisutjipto menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam upaya menciptakan pendidikan tinggi yang inklusif dan berkualitas, ITD Adisutjipto menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan teknologi global seperti PT QS 200, DUDI, dan Pandi. Penelitian, promosi inovasi, serta penerapan teknologi terkini menjadi fokus utama dalam mendukung kemajuan sektor kedirgantaraan, baik di tingkat nasional maupun regional.

Para mitra yang turut menandatangani perjanjian tersebut meliputi Ketua Komisi Nasional Keselamatan Transportasi, Dr. Ir. Soerjanto Tjahjono, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, drh. Drajat Purbadi, M.S, Rektor Universitas Nurtanio, Rektor Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Wakil Rektor II Universitas Respati Indonesia Yogyakarta, Wakil Rektor III Universitas Negeri Yogyakarta, Dekan Fakultas Teknologi Informasi UKDW, Direktur Training Centre dari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, Perwakilan  Universitas Mercu Buana serta Direktur Utama PT Solusi 247. Turut hadir juga perwakilan dari Gubernur AAU, perwakilan dari Danlanud Adisutjipto, Universitas Widya Mataram, PT YPTI dan Aruvana.

Dalam sambutannya, Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Dr.Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, APEC Eng., menyampaikan harapannya bahwa kolaborasi ini akan membuka peluang baru bagi kerja sama yang berkelanjutan dan saling menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat. "Kami berkomitmen untuk terus memperkuat hubungan ini melalui program-program yang akan dilaksanakan secara bersama-sama. Dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang tinggi, saya yakin kita akan mencapai prestasi luar biasa dan memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan dan kemajuan bangsa," ungkapnya.

Dengan langkah ini, ITD Adisutjipto memperkuat posisinya sebagai lembaga pendidikan unggulan dalam mendukung pembangunan sektor kedirgantaraan dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa Indonesia.