REKTOR ITD ADISUTJIPTO…

REKTOR ITD ADISUTJIPTO NARASUMBER DEWAN KETAHANAN NASIONAL PADA RAKERTAS ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK TRANSFORMASI EKONOMI


Rektor Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto), Marsma TNI Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, APEC Eng., memberikan kontribusi keilmuannya sebagai Narasumber pada Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) tentang “Transformasi Ekonomi Berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk Mendorong Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional” yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) pada Selasa, 7 Mei 2024 secara daring. Dalam kesempatan tersebut, Rektor ITD Adisutjipto yang telah bergelut dengan AI sejak tahun 1994 ini menyampaikan pandangan-pandangannya yang dikemas dengan judul “Kontribusi AI dalam Transformasi Ekonomi Nasional.

Presiden RI telah menetapkan lima langkah Tranformasi Digital Nasional untuk mengakselerasi penguasaan teknologi digital oleh Indonesia. Keberhasilan transformasi digital tidak lepas dari keberadaan industri-industri digital yang akan memberi dampak pada berkembangnya ekonomi digital yang menjadi prasyarat terjadinya transformasi ekonomi. Salah satu teknologi yang menjadi tulang punggung transformasi ekonomi adalah Artificial Intelligence (AI), dihadapkan pada di tahun 2024 ini Indonesia tidak menjadi salah satu negara dengan perkembangan cepat di bidang ekonomi.

Untuk itu, Rektor ITD Adisutjipto memberikan pandangan perlunya sinkronisasi antara Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial (Stranas KA) 2020-2045 dengan program-program strategi Kemenko Perekonomian dan memfokuskan pada sumber kekuatan ekonomi negara Indonesia di bidang Agro-Maritim. Terdapat empat hal yang perlu dioptimasi yakni Pemanfaatan AI di Industri, Implementasi Stranas KA 2022-2045, Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) AI, dan Industri Pemanfaat AI. Seperti telah diketahui, Rektor ITD Adisutjipto merupakan salah satu kontributor dan penulis dokumen negara Stranas KA 2022-2045 yang diterbitkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada tahun 2020 tersebut.