DEPARTEMEN TEKNIK DIRGANTARA…

DEPARTEMEN TEKNIK DIRGANTARA STUDY EXCURSIE KE JAKARTA-BANDUNG


Perkembangan dunia kedirgantaraan yang semakin pesat, menuntut kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, terlatih, dan terampil di dunia penerbangan. Untuk menghadapi tantangan dan persaingan tersebut, Departemen Teknik Dirgantara, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) membekali para mahasiswanya tidak hanya dengan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, namun juga dengan wawasan dan pengalaman yang diperoleh pada saat kunjungan ke beberapa perusahaan yang relevan dengan ilmu yang dipelajari.

Departemen Teknik Dirgantara STTA, 23-27 Juni 2019 lalu menyelenggarakan kegiatan Study Excursie (SE) ke Jakarta – Bandung. Didampingi oleh 2 dosen Teknik Dirgantara, yaitu Bangga Dirgantara, S.T., M.T., dan Lazuardy Rahendra Pinandhita, S.T.,M.T., dan diikuti  oleh kurang lebih 100 mahasiswa. Pada kegiatan  SE tersebut, Departemen Teknik Dirgantara berkesempatan berkunjung ke beberapa Institusi pemerintahan dan beberapa industri dirgantara, diantaranya yaitu ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), PT. Garuda Maintenance Facility (GMF Aeroasia), Angkasa Pura II, Depohar 10, dan PT. Mulya Sejahtera Technology (MSTech).

Dalam kunjungannya ke beberapa perusahaan tersebut, mahasiswa diajak untuk terjun melihat langsung pengaplikasian ilmu yang relevan pada program studi Teknik Dirgantara, yaitu mengenai proses perancangan, pengoperasian, dan perawatan mesin pesawat terbang. Mahasiswa juga dapat mengetahui prospek kerja di instansi- instansi dan perusahaan yang dikunjungi tersebut. Dengan kegiatan SE ini, diharapakan mahasiswa dapat melihat perbandingan antara ilmu yang dipelajari di kampus dengan ilmu terapan di dunia kerja, sehingga para mahasiswa bisa segera mempersiapkan untuk membekali diri dengan ilmu dan wawasan yang cukup, serta kemampuan dan keahlian agar nantinya setelah lulus dari bangku perkuliahan bisa menjadi SDM yang handal yang terserap secara relevan di bidangnya.