Mengenal Bidang Electrical…

Mengenal Bidang Electrical Avionic pada Jurusan Aeronautika


Nama awal dari jurusan aeronautika adalah teknik penerbangan. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak orang yang menggunakan istilah teknik aeronautika untuk merujuk teknik dirgantara atau penerbangan. Apapun istilah yang digunakan, yang penting untuk diketahui bahwa lulusan jurusan satu ini tidak akan menjadi seorang pilot.

Lulusan jurusan aeronautika ini akan mendapatkan pengetahuan serta kompetensi mengenai dunia penerbangan yang tentu saja sangat penting untuk diketahui. Jurusan ini akan menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan dunia kedirgantaraan yang lingkup operasionalnya masih di dalam batas atmosfer bumi.

Adapun bidang yang akan dipelajari dalam jurusan ini antara lain seperti ilmu dan teknik penerbangan mengenai pesawat, helicopter dan bermacam ilmu teknik lain. Salah satu bidang yang menjadi konsentrasi pada jurusan aeronautika adalah  konsentrasi perawatan airframe powerplant pesawat udara dan  konsentrasi perawatan electrical avionic pesawat udara.

Mengenal Apa Itu Bidang Electrical Avionic?

Bidang electrical avionic merupakan bidang yang mempelajari tentang dasar-dasar pesawat terbang, mempelajari elektronik pada pesawat terbang, mempelajari kelistrikan serta sistem pada pesawat terbang. Kompetensi electrical avionic atau pemeliharaan dan perbaikan instrumen elektronika pesawat udara di bawah bidang studi teknologi dan rekayasa.

Apa Pentingnya Bidang Electrical Avionic?

Bidang electrical avionic akan membentuk lulusan-lulusan yang berkompetensi pada bidang pemeliharaan dan perbaikan instrument-instrumen pesawat terbang, sehingga nantinya setiap lulusan teknik mesin yang mendalami bidang ini bisa bekerja sebagai teknisi pesawat yang sangat dibutuhkan di Indonesia. Jadi, bidang ini berkaitan langsung dengan kondisi dan kebutuhan negeri ini akan profesional-profesional terkait.

Alasan Harus Kuliah di Jurusan Aeronautika?

Pesawat terbang adalah produk industri teknologi tinggi yang menjadi tolak ukur perkembangan teknologi tinggi dunia. Proses perancangan dan perakitan pesawat terbang adalah integrasi dari berbagai disiplin ilmu yang meliputi proses penentuan bentuk, penentuan kekuatan, gerak sampai analisis segi ekonomisnya.

Lebih dari itu, proses tersebut memerlukan tingkat ketelitian yang sangat tinggi serta kerja sama tim. Oleh sebab itu, sudah menjadi hal yang wajar jika jurusan aeronautika menjadi bidang keilmuan yang paling banyak diminati oleh pecinta teknologi tinggi, kerjasama tim dan penyuka tantangan.

Sejalan dengan perkembangan ekonomi dan tingkat pergerakan masyarakat Indonesia yang tinggi, penyelenggaraan transportasi udara adalah kegiatan usaha yang cukup sangat menjanjikan. Sehingga, semakin bertumbuh angka penumpang pesawat maka akan meningkat juga kebutuhan akan armadanya.

Nah, dengan potensi pertumbuhan jumlah armada yang tinggi tersebut kemudian mendorong banyak perusahaan manufaktur pesawat saling berkompetisi untuk menguasai bursa penjualan pesawat di tanah air dan bersamaan dengan itu juga prospek kerja dan masa depan jurusan aeronautika cukup cerah dan menjanjikan.

Sampai sekarang ini sudah ada banyak pesawat hasil produksi anak bangsa yang mendalami jurusan aeronautika. Seperti pesawat R-80 yang didesain dan diproduksi serta disertifikasi sampai assembly oleh perusahaan RAI yang didirikan oleh Prof. Habibie dan anaknya. Selain itu, ada deretan lain seperti CN-235, CN-295, H215 Super Puma, N-250, N-219, NC-212, NAS-332 C1+, EC-725 Cougar serta BELL-412 EPI.

Pada teknik dirgantara selain merancang pesawat penumpang, juga memberikan perhatian yang tinggi pada pesawat tanpa awak atau drone. Dengan bentuknya yang compact dan mempunyai banyak fungsi, menjadikan riset mengenai drone semakin berkembang.

Dengan memilih jurusan aeronautika, mahasiswa akan mempunyai kemampuan dasar dalam mendesain drone dan juga mengetahui bagaimana mengaplikasikan drone untuk berbagai bidang, seperti aerial photography, pemetaan, search and rescue dan sebagainya.

Peran dan Tanggung Jawab Lulusan Aeronautika

Berkaitan dengan peran dan tanggung jawab ada beberapa hal yang dilekatkan dengan lulusan teknik mesin, di antaranya adalah:

  • Merancang dan mengembangkan peralatan elektronik rumah tangga, peralatan komunikasi dan peralatan kantor.

  • Mempresentasikan jenis teknologi baru dalam peralatan mesin di rumah tangga, kantor sampai pabrik kepada konsumen.

  • Mengembangkan desain yang diikuti dengan tren teknologi mesin saat ini.

  • Melakukan berbagai penelitian pada desain dan teknologi mesin untuk mengembangkan ide-ide dalam merancang sebuah teknologi mesin baru.

Prospek Kerja Bidang Electrical Avionic Jurusan Aeronautika

Kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa lulusan teknik mesin akan bekerja di bengkel otomotif. Padahal, lulusan ini akan banyak bekerja di balik layar komputer sebagai seorang engineer, maintenance planner atau designer.

Oleh sebab itu, banyak perusahaan di bidang otomotif, kedirgantaraan, manufaktur dan otomatisasi, bioteknologi serta minyak dan gas sangat membutuhkan lulusan teknik mesin yang ahli di bidang electrical avionic, guna melakukan perancangan produk tertentu.

Intinya, peluang karir bagi lulusan jurusan teknik mesin yang menguasai bidang electrical avionic sangatlah besar. Selain itu, jenis dan jenjang karirnya juga sangat bervariasi. Sama halnya dengan gajinya yang kompetitif untuk entry level. Beberapa karir lain yang bisa digeluti oleh lulusan teknik electrical avionic adalah:

  • Mekanik pesawat

  • Bagian perencanaan produk otomotif

  • Mekanik mobil

  • Perancang dan teknisi mesin

  • Teknisi dan operator pabrik

  • Teknisi robot atau robot engineer

Kuliah Bidang Electrical Avionic di ITDA

Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) adalah sekolah kedirgantaraan mempunyai 5 jurusan, yakni teknik elektro, teknik industri, teknik informatika, teknik mesin dan teknik penerbangan. Bidang electrical avionic merupakan salah satu konsentrasi turunan dari jurusan teknik aeronautika.

Untuk info mengenai deskripsi jurusan aeronautika berikut visi, misi, tujuan dan kurikulum program studi ini, silahkan mengunjungi website resmi Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) dan daftarkan diri segera.