KULIAH UMUM ”PERKEMBANGAN…

KULIAH UMUM ”PERKEMBANGAN KOMPETENSI CALON TEKNISI PESAWAT UDARA” PRODI AERONAUTIKA


Prodi Aeronautika Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto) adakan Kuliah Umum dengan tema ”Perkembangan Kompetensi Calon Teknisi Pesawat Udara” pada hari Rabu (26/7/2023), di Ruang Adisutjipto. Kuliah Umum ini dimulai dengan sambutan oleh Rektor ITD Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE., yang dilanjutkan oleh penyampaian materi oleh narasumber Dr. Bambang Wahyu Prio Primantoro, S.E., S.T., M.AP. Beliau adalah seorang dosen di Universitas Suryadarma dan juga berpengalaman sebagai Senior Engineer di PT Garuda Maitenance Facility (GMF).

Dalam era globalisasi ini, kemajuan lndonesia dalam hal kedirgantaraan harus lebih ditingkatkan lagi. Pembangunan Kedirgantaraan yang dimaksud adalah penguasaan ilmu kedirgantaraan dan teknologi dirgantara untuk menghasilkan produk dan jasa kedirgantaraan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut tentunya diikuti pula oleh dunia industry yang mana sangat membutuhkan keberadaan sumber daya manusia. Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keahlian dibidang Penerbangan dengan spesifikasi mekanik pesawat udara yang profesional di negara kita relatif sedikit.

Seperti yang kita ketahui Personel Pesawat Udara teknisi pesawat udara harus dibekali lisensi atau sertifikasi kompetensi, sebagai syarat utama teknisi atau mekanik pesawat udara yang mendapat persetujuan (approval) dan dikeluarkan dari dinas kelayakudaraan (DKPPU). Kompetensi selanjutnya yang harus dimiiiki seorang teknisi adalah type rating  pesawat agar teknisi pesawat dapat melangkah ke jenjang karir selanjutnya segagai seorang engineer.

Harapannya, Kuliah Umum ini dapat menjadi sarana untuk menimba ilmu pengetahuan yang lebih mendalam sesuai dengan keilmuan profesi yang ditekuni.