Pekerjaan Staff Bandara…

Pekerjaan Staff Bandara yang Menguntungkan dan Banyak Diminati!


Dalam dunia penerbanagn ada banyak jenis pekerjaan bukan hanya pilot dan teknisi pesawat terbang. Berjalannya operasional penerbangan melibatkan banyak pihak (bidang pekerjaan) untuk saling membantu satu sama lain. Salah satu dari banyaknya pekerjaan adalah staff bandara.

Pekerjaan staff bandara tentunya bukan lagi profesi yang asing bagi sobat Dirgantara. Karena setiap bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan transportasi udara. Maka, sobat Dirgantara akan melalui bandara terlebih dahulu sebagai station untuk dapat terbang menggunakan pesawat.

Di bandara sobat Dirgantara akan menemui pekerja yang menjadi staff bandara yang siap melayani keberangkatan dan juga kedatangan dari para penumpang. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai pekerjaan staff bandara yang menguntungkan dan ternyata juga banyak diminati. Berikut ini bisa sobat Dirgantara simak berbagai penjelasannya.

Apa Itu Staff Bandara?


Pelayanan yang diberikan oleh staff bandara, sumber: ptjas.co.id

Staff bandara adalah pekerjaan dalam dunia penerbangan yang memiliki tanggung jawab memberikan pelayanan kepada seluruh penumpang pesawat terbang. Pelayanan diberikan kepada penumpang selama masih berada di darat atau kawasan bandara. 

Pekerjaan staff bandara biasanya disediakan oleh maskapai penerbangan (airline) dan pihak otoritas bandara. Keduanya saling bekerja sama untuk berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang serta membantu dalam kesuksesan operasional penerbangan.

Untuk tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh staff bandara antara lain seperti.

  • Keamanan penumpang dan barang bawaan.

  • Memandu penumpang.

  • Membantu proses check-in.

  • Membantu dalam penerbitan boarding pass.

  • Membantu dalam proses pengangkutan/penitipan bagasi ke pesawat terbang.

  • Pengecekan visa dan paspor.

  • Mendukung operasional penerbangan.

Bisa sobat Dirgantara lihat bahwa semua pekerjaan yang dilakukan oleh staff bandara berhubungan dengan pelayanan. Jadi, kenyamanan dan keamanan selama di bandara akan sangat tergantung pada proses pelayanan staff dan didukung dengan penunjang fasilitas. 

Jenis Pekerjaan Staff Bandara


Aviation security, sumber: ketiknews.id

Ada beberapa jenis pekerjaan staff bandara diantaranya:

  1. Passenger Service

Passenger Service adalah staff yang memiliki tugas memberikan pelayanan dan membantu penumpang untuk check-in, check baggage (cek bagasi), dan menerbitkan boarding pass.

  1. Boarding Gate Staff

Boarding Gate Staff adalah staff yang memiliki tugas untuk memastikan bahwa semua penumpang yang terdaftar dalam sebuah penerbangan sudah memasuki ruang tunggu. Serta membantu penumpang untuk menuju pintu keberangkatan dan naik ke atas pesawat.

  1. Station Quality Control (SQC)

Station Quality Control (SQC) adalah staff yang memiliki tugas untuk mengontrol segala aktivitas yang berhubungan dengan kelancaran penerbanagan. Sehingga, mencegah dari terjadinya delay penerbangan pada maskapai pesawat terbang.

  1. Ticketing

Ticketing adalah staff yang memiliki tugas untuk membantu penumpang yang ingin membeli tiket langsung di bandara. Serta memberikan informasi mengenai harga tiket dan lainnya mengenai penerbanagan dan kedatangan pesawat.

  1. Security Check (Aviation Security)

Security Check adalah staff yang memiliki tugas dan tanggung jawab akan keamanan penerbanagan. Semua barang bawaan dari penumpang akan diperiksa terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam ruang tunggu. Jenis barang yang dilarang dibawa ke atas pesawat sudah diatur dalam regulasi penerbangan.

  1. Air Traffic Control (ATC)

Air Traffic Control adalah staff yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar terhadap lalu lintas penerbangan baik saat di udara dan di daratan. Hanya orang-orang tertentu dan memenuhi kualifikasi yang bisa bekerja menjadi bagian dari staff ATC.

Syarat Menjadi Staff Bandara

Untuk dapat bekerja menjadi staff bandara ada beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya:

  • Pendidikan minimal SMA/Sederajat.

  • Latar belakang pendidikan penerbangan lebih disukai.

  • Berusia setidaknya 17 tahun dan maksimal 25 tahun.

  • Berpenampilan menarik.

  • Sehat jasmani dan rohani.

  • Bersikap jujur dan andal.

  • Mau dan mampu bekerja dengan tim.

  • Mampu berkomunikasi dengan baik khususnya dalam Bahasa asing, terutama bahasa inggris.

  • Bersedia bekerja dengan waktu yang fleksibel.

  • Mampu bekerja cepat dan singkat.

  • Mampu mengoperasikan komputer seperti Microsoft Office, Software pelayanan tiket dan lain sebagainya.

Resiko Pekerjaan Staff Bandara


Pelayanan ticketing dengan jumlah penumpang yang banyak, sumber: republika.co.id

Setiap pekerjaan pasti memiliki resiko sama dengan pekerjaan staff bandara yang juga memiliki resiko. Dari beberapa resiko yang ada waktu kerja yang menjadi hal yang perlu untuk diketahui. Karena waktu operasi bandara dengan kerjaan pada umumnya berbeda. 

Artinya di bandara memiliki waktu yang fleksibel dan perlu untuk sobat Dirgantara tahu, jika sebuah bandara memiliki tingkat traffic penerbangan yang tinggi dikarenakan jumlah penumpangnya yang banyak. Maka, jam operasional bandara akan menjadi 24 jam penuh.

Inilah menjadi salah satu resiko jika bekerja sebagai staff bandara. Karena memiliki waktu kerja yang dapat berubah-ubah kapan saja. Perubahan jadwal atau waktu kerja tentunya akan disesuaikan dengan operasional bandara.

Gaji Pekerjaan Staff Bandara

Dibalik resiko kerja dari staff bandara ada tawaran gaji yang membuat pekerjaan ini banyak diminati. Karena selain gaji pokok yang didapatkan, ada juga pendapatan penghasilan lainnya. Penghasilan tersebut didapatkan dari intensif kehadiran, bonus, prestasi dan tunjangan.

Sedangkan untuk gaji pokok standar yang didapatkan dari pekerja staff bandara mulai dari 4 juta hingga 20 juta. Besaran gaji yang didapatkan tentu sesuai dengan jenis pekerjaan dan capain tingkatan jabatan. Dengan gaji segitu tentunya sobatan Dirgantara tidak akan terlalu memikirkan resiko pekerjaan dari staff bandara.

Gimana sobat Dirgantara, tertarik menjadi bagian staff bandara? Tentunya pekerjaan yang berhubungan dengan dunia penerbanagan sangatlah menyenangkan dan berbeda dengan jenis pekerjaan pada umumnya. Inilah yang akan sobat Dirgantara dapatkan selain dibalik gaji pekerjaannya yang lumayan besar.

Untuk dapat bekerja menjadi staff bandara dan mendapatkan posisi kerja atau jabatan yang baik. Menempuh pendidikan lanjut kuliah menjadi solusi terbaik untuk bisa menciptakan karir dan masa depan cemerlang. 

Jika sobat Dirgantara tertarik bekerja sebagai staff bandara menempuh kuliah di kampus penerbangan menjadi pilihan yang tepat. Tak perlu bingung, pilih saja sekolah kedirgantaraan di Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta dalam membantu mewujudkan cita-cita bekerja di dunia penerbangan.