WEBINAR NASIONAL TEKNIK…

WEBINAR NASIONAL TEKNIK DIRGANTARA DENGAN TEMA “REGENERASI MANAJEMEN INDUSTRI DIRGANTARA DAN PENINGKATAN KUALITAS SDM”


Seminar Nasional  Kedirgantaraan merupakan event tahunan dari Departemen Teknik Dirgantara Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD ADISUTJIPTO). Seminar Nasional yang tahun ini mengusung tema “Regenerasi Manajemen Industri Dirgantara Dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)” dilaksanakan secara daring melalui Zoom pada hari Sabtu (26/3).  Seminar kali ini menghadirkan narasumber Bramantya A. Djemarnia BSIE, MBA, CAAS, yang merupakan President of Boeing Indonesian Association (BIA). Acara dibuka oleh Rektor ITDA, Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono ,M.Sc. Webinar Nasional kali ini diikuti oleh sekitar 200 peserta, yang merupakan mahasiswa ITDA, mahasiswa dari kampus lain, siswa-siswi SMA/MA/SMK Sederajat, dosen, serta masyarakat umum.

Sejak Covid-19 mulai mewabah di awal tahun 2020, Trend Penerbangan Indonesia mengalami penurunan yang cukup drastis. Untuk menangani beberapa masalah ini dibutuhkan cara atau metode manajemen industry penerbangan untuk mencari solusi yang tepat sasaran dan berdaya guna, serta membuat industry penerbangan dapat bertahan. Penurunan trend penerbangan yang berpengaruh pada situasi ekonomi industri penerbangan, juga berpengaruh pada kebutuhan SDM penerbangan. Padahal dalam paparannya, Bramantya A. Djemarnia BSIE, MBA, CAAS, menyebutkan bahwa SDM merupakan salah satu bagian terpenting dalam pembangunan Dirgantara. Untuk itulah perlu Investasi pada generasi muda untuk membangun karakter leadership di bidang Penerbangan.

Leadership berkarakter dapat dibangun dengan cara sebagai berikut. Pertama, dengan mengembangkan generasi muda yang mempunyai percaya diri kuat, bisa dipercaya, berpegang prinsip, dan tidak takut untuk mencoba hal yang baru. Kedua, dengan mengembangkan kemitraan dengan pelatihan di kepemimpinan dan selalu meningkatkan kemampuan berpikir untuk masa depan. Ketiga, dengan mengadakan pembelajaran dan pelatihan peningkatan skill tidak hanya pada core learning tetapi juga soft skill. Ketiga, dengan menjalin kemitraan yang berfokus pada peningkatan keragaman karir di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika sejak usia muda. 

Selain meningkatkan SDM, hal lain yang perlu diperhatikan Indonesia dalam memajukan potensi di dunia Penerbangan adalah mengembangkan roadmap penerbangan yang berbasis standar global, meningkatkan kapasitas infrastruktur, dan dengan hal-hal yang baru terutama dalam teknologi Penerbangan. Harapannya dengan adanya Webinar Nasional ini dapat mempersiapkan lulusan ITDA, sehingga dapat memberikan kontribusinya dalam kemajuan teknologi bidang kedirgantaraan.