PENGUKUHAN NAMA PERPUSTAKAAN…

PENGUKUHAN NAMA PERPUSTAKAAN “ADISUTJIPTO”


Rektor Institut Teknologi DIrgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto), Marsekal Pertama TNI. Dr. Ir. Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng., ACPE, telah mengukuhkan Perpustakaan kampus ITD Adisutjipto pada hari Rabu (09/11/2022), yang diberi nama Adisutjipto. Nama Perpustakaan Adisutjipto diambil dari nama Pahlawan Nasional, Komodor Muda Udara Anumerta Agustinus Adisutjipto,  Beliau dilahirkan di Salatiga, Jawa Tengah pada tanggal 3 Juli 1916. Pada tanggal 27 Oktober tahun 1945, beliau melakukan penerbangan pertamanya dengan sebuah pesawat rakitan berjenis Curen. Selanjutnya pada tanggal 15 November di tahun yang sama, Adisutjipto mendirikan sekolah penerbangan yang berlokasi di Jogjakarta. Di masa kini, tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Penerbangan Nasional.

Adisutjipto meninggal pada tanggal 27 Juli 1947 dan dimakamkan di pemakaman umum Kuncen I yang kemudian dipindahkan ke Monumen Perjuangan di Desa Ngoto, Bantul, Jogjakarta. Berkat jasanya, Adisutjipto ditetapkan sebagai Bapak Penerbangan Indonesia serta gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 071/TK/1974 tanggal 9 November 1974. Untuk mengenang almarhum dan jasa-jasa beliau kepada bangsa dan negara Indonesia, maka nama beliau dikukuhkan sebagai nama Perpustakaan ITD Adisutjipto dengan nama “Adisutjipto”.

Acara pengukuhan nama Perpustakaan Adisutjipto dihadiri oleh Ketua Umum Yayasan Adi Upaya (Yasau), Marsma TNI (Purn) Samto Hadi Isnanto, S.E., M.A., Ketua I Yasau, Marsda TNI ( Purn ) Danardono Sulistyo Adji, M.PP., M.B.A, Ketua BPH, Direktur Poltekkes Adisutjipto, Koorsahli ITD Adisutjipto, Para Warek dan Pejabat Struktural di lingkungan ITD Adisutjipto. Setelah sambutan oleh Rektor ITD Adisutjipto dan Ketum Yasau, acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor dan Ketum Yasau yang didampingi oleh Ketua BPH.