Stop Menganggur, Inilah…

Stop Menganggur, Inilah Cara Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate!


Bagi seorang fresh graduate penting sekali untuk mulai mempersiapkan berbagai hal untuk mencari kerja. Di era sekarang ini memang tidak mudah untuk mencari kerja. Namun bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mencari kerja bukan?


Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari kerja sesuai dengan mahasiswa yang baru lulus. Misalnya seorang lulusan dari Sekolah Kedirgantaraan yang mengambil jurusan teknik industri. Maka bisa mencari info mengenai pekerjaan yang berhubungan dengan teknik industri. Sesuaikan pekerjaan yang dilamar dengan jurusan kuliah.


Mengapa perlu bekerja sesuai dengan jurusan kuliah? Karena hal ini berkaitan langsung dengan minat dan bakat seseorang. Jadi ketika seseorang bekerja sesuai dengan passion, maka pekerjaan tersebut akan terasa nyaman dan betah. Bahkan kinerja karyawan pun akan semakin naik. Hal tersebut sangat penting untuk kemajuan di masa mendatang.


Akan sangat bertolak belakang jika lulusan teknik industri, namun bekerja di bagian yang mengelola masakan bukan? Jadi menyesuaikan kerja dengan jurusan kuliah merupakan salah satu hal yang penting. Seorang fresh graduate akan semakin berkembang apabila bekerja sesuai dengan bidang yang dikuasai saat berada di bangku kuliah. 

Cara Mencari Kerja Bagi Fresh Graduate 

Setelah lulus kuliah, harapan setiap orang pasti ingin segera mendapatkan pekerjaan. Meskipun belum memiliki pengalaman, namun para fresh graduate tidak ingin menganggur terlalu lama. Jadi setelah lulus kuliah, fresh graduate tersebut akan segera mencari pekerjaan. 


Perlu diketahui bahwa ada beberapa perusahaan yang memang membutuhkan seorang fresh graduate. Jadi meskipun belum memiliki pengalaman, lulusan baru tidak perlu berkecil hati. Berikut ini ada beberapa cara mencari kerja setelah lulus kuliah yang bisa diikuti para lulusan baru.

1. Manfaatkan Setiap Peluang

Cara mencari kerja yang pertama adalah dengan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Maksudnya ketika ada informasi mengenai lowongan kerja yang sesuai dengan bidang jurusan, maka segera memasukkan lamaran. 


Hal ini dikarenakan persaingan melamar kerja semakin banyak. Jadi para pelamar diharapkan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Jangan hanya terfokuskan pada 1 perusahaan saja. Ambillah kesempatan melamar di perusahaan lain yang membuka lowongan dibidang yang sama.

2. Perbarui Tampilan CV

Tampilan CV terbaru dan menarik, dapat membuat HRD tertarik. Sebagai pelamar dengan title “Fresh Graduate” wajib hukumnya untuk memperbarui tampilan CV semenarik mungkin untuk memikat HRD. Meskipun seorang fresh graduate tidak memiliki pengalaman kerja, namun jika tampilan CV menarik maka akan membantu.


Menarik disini bukan tampilan yang heboh. Definisi menarik disini adalah memudahkan HRD untuk melihat informasi-informasi penting. Misalnya saja perihal nama, alamat, sosial media, nomor hp, pengalaman organisasi, hingga IPK. Jadi para pelamar perlu memastikan bahwa di bagian CV sudah termuat informasi tersebut.

3. Gunakan Email yang Sesuai

Hindari menggunakan alamat email yang sembarangan dan aneh-aneh. Untuk melamar kerja, usahakan menggunakan email yang mencantumkan nama pelamar. Dengan begitu tampilan email akan terlihat lebih formal dan profesional. Ketika pelamar menggunakan email yang asal-asalan, HRD akan menganggap bahwa pelamar tidak profesional.

4. Gunakan Aplikasi Pencari Kerja

Untuk memudahkan para fresh graduate mendapatkan informasi lowongan kerja, maka bisa menggunakan bantuan aplikasi pencari kerja. Di era modern seperti saat ini sudah banyak aplikasi pencari kerja yang memudahkan pelamar mendapatkan info lowongan kerja. 


Di dalam situs tersebut juga akan dicantumkan mengenai spesifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan yang membuka lowongan. Dengan begitu para pelamar bisa menyesuaikannya sesuai dengan spesifikasi yang dituliskan.

5. Manfaatkan Relasi

Memiliki relasi yang bekerja di sebuah perusahaan tertentu memang bisa menjadi peluang. Ketika perusahaan tersebut membutuhkan karyawan baru, maka para fresh graduate bisa segera memasukkan lamaran ke perusahaan tersebut. 


Bahkan ada perusahaan yang mencari karyawan baru berdasarkan rekomendasi dari karyawan yang bekerja disitu. Jadi memiliki kenalan atau relasi yang bekerja di sebuah perusahaan tertentu memang sangat membantu.

Langkah-Langkah untuk Melamar Pekerjaan

Untuk melamar pekerjaan, bukan hanya sekedar membuat CV maupun saja. Namun terdapat langkah-langkah lain yang mesti diketahui oleh para pelamar. Langkah-langkah tersebut meliputi sebagai berikut:

  • Mempersiapkan CV. Tahapan ini merupakan langkah paling awal yang perlu dipersiapkan oleh pelamar kerja. Penting bagi seorang fresh graduate untuk mempersiapkan CV sebaik dan semenarik mungkin. Meskipun belum memiliki pengalaman kerja, namun dengan CV yang menarik dapat membantu.

  • Lamaran diproses pihak HRD. Ketika lamaran yang diajukan oleh pelamar kerja masuk ke bagian HRD, maka lamaran tersebut akan segera diproses. Biasanya proses tersebut membutuhkan waktu sekitar 2 minggu, bisa lebih atau kurang. Pada saat ini para pelamar dihimbau untuk bersiap apabila dipanggil untuk sesi interview.

  • Proses interview. Setelah melewati proses review dari HRD, pelamar yang memenuhi syarat akan masuk ke tahap ini. Setiap perusahaan memiliki sesi wawancara yang berbeda-beda. Namun rata-rata, terdapat 3 sesi wawancara. 3 tahapan tersebut yakni wawancara dengan HRD, kemudian manager, hingga pemilik perusahaan.

  • Persiapan waktu mulai kerja. Ketika calon karyawan sudah dinyatakan lolos tahap wawancara, maka selanjutnya adalah mempersiapkan waktu mulai kerja. Calon karyawan akan diberikan pertanyaan mengenai kapan kesiapan untuk bergabung dengan perusahaan.

  • Negosiasi gaji. Tahapan selanjutnya adalah negosiasi gaji. Langkah melamar kerja yang satu ini sangat penting bagi calon karyawan. Nantinya disini rekruter akan memberikan penawaran terhadap besaran gaji yang diterima oleh calon karyawan.

  • Tanda tangan kontrak kerja. Tahapan akhir dari melamar kerja adalah tanda tangan kontrak. Tanda tangan kontrak tersebut dilakukan oleh kedua belah pihak, pihak calon karyawan dan perusahaan. Setelah tanda tangan kontrak selesai, calon karyawan telah resmi menjadi karyawan baru di perusahaan tersebut.


Itulah tadi informasi seputar cara melamar kerja bagi fresh graduate. Jangan hanya puas melamar di 1 perusahaan saja. Selagi masih ada kesempatan teruslah melamar pekerjaan hingga berhasil mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Perhatikan tata cara dan aturan yang telah diatur oleh perusahaan, karena setiap perusahaan memiliki aturannya tersendiri.