Berapa Biaya Sekolah…

Berapa Biaya Sekolah Penerbangan dan Apa Saja Syarat Masuknya?


Berapa biaya sekolah penerbangan? Apa saja persyaratan yang perlu dipenuhi? Pertanyaan tersebut seringkali ditanyakan oleh calon siswa yang ingin menjadi Pramugari, Pramugara, ataupun STAFF Penerbangan yang bekerja di bandara.


Namun bukan hanya itu saja, di dalam dunia penerbangan terdapat berbagai profesi lain yang banyak peminatnya. Di setiap profesi tersebut, tentu saja berperan penting dalam dunia penerbangan. Apa saja jenis profesi di dunia penerbangan tersebut? Berikut beberapa jenis profesi di dunia penerbangan, diantaranya meliputi:

  • Pilot

  • CO Pilot

  • Marshaller

  • STAFF Penerbangan

  • AME (Aircraft Maintenance Engineer)

  • ATC (Air Traffic Controller) 

  • AVSEC (Aviation Security)

  • FOO (Flight Operation Officer)


Jadi selain menjadi seorang Pramugara atau Pramugari, ada beberapa profesi lain yang bisa dipilih di sekolah penerbangan. Berbagai jenis profesi di atas bisa disesuaikan dengan minat dan bakat dari calon siswa. Sehingga bukan hanya 1 profesi saja yang ada di dunia penerbangan. Ada banyak pilihan yang bisa diambil oleh calon siswa.

Biaya Sekolah Penerbangan

Berapa biaya sekolah penerbangan? Apakah mahal? Untuk biaya sekolah penerbangan tentu saja akan berbeda-beda. Tergantung sekolah yang dipilih hingga jurusan yang diinginkan. Meskipun biaya sekolah penerbangan tidak sedikit, namun akan sesuai dengan profesi yang didapatkan.


Misalnya saja untuk menjadi seorang Marshaller. Berapa biaya sekolah penerbangan untuk menjadi Marshaller? Untuk menjadi seorang Marshaller, tidak seperti Pilot ataupun Pramugari. Jadi untuk menjadi seorang Marshaller hanya perlu mengikuti pendidikan di salah satu lembaga pelatihan yang sudah bekerja sama dengan Departemen Perhubungan.


Untuk menjadi seorang Marshaller melalui pendidikan kilat di sekolah marshaller di Indonesia, biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 7 hari hingga 1 bulan. Untuk lama pendidikan tersebut juga tergantung dari sekolahnya masing-masing. Namun jika dirata-rata akan membutuhkan waktu sekian.


Lalu untuk biayanya sangat bervariasi, tergantung sekolahnya. Mulai dari 8 juta hingga 9,5 juta selama 1 bulan. Ada juga yang menetapkan biaya di angka 8,5 juta untuk 7 hari. Jadi bagi calon siswa yang ingin menjadi seorang Marshaller bisa mulai memperhatikan kemungkinan biaya yang dibutuhkan selama pendidikan.


Lalu berapa biaya sekolah penerbangan terbaik di indonesia? Untuk biaya tersebut sangatlah beragam, tergantung fasilitas dan juga program yang diambil. Namun secara umum, biaya sekolah penerbangan berada di angka sekitar Rp 295 juta. Biaya tersebut hanya kisaran saja, bisa kurang atau lebih. 

Syarat Masuk Sekolah Penerbangan

Untuk masuk ke sekolah penerbangan juga tidak bisa sembarang. Ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon siswa. Jadi untuk siswa kelas 12, bisa mempersiapkan terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum mendaftar. Dengan begitu, apa yang dibutuhkan di sekolah penerbangan sudah dipersiapkan.


Namun untuk calon siswa tidak perlu takut dan khawatir. Jika dipersiapkan jauh-jauh hari, tentu saja akan lebih baik. Berikut syarat masuk sekolah penerbangan yang perlu diperhatikan oleh calon siswa.


1. Syarat Umum

Untuk syarat umum ini bisa saja berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari keputusan di setiap sekolah penerbangan. Namun jika dilihat secara umum, persyaratannya meliputi berikut ini:

  • Pria atau wanita (Single)

  • Usia minimal 17 tahun 6 bulan

  • Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat, D3, S1

  • Bebas dari narkotika yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi terkait

  • Sehat secara jasmani dan rohani

  • Tidak buta warna

  • Tidak berkacamata atau memakai kontak lensa. Maksimal toleransi minus -3.00, dan silindris C -1.00

  • Tidak memiliki riwayat penyakit hepatitis yang dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi terkait


2. Syarat Khusus Pramugara atau Pramugari

Selain persyaratan umum, ada juga beberapa persyaratan khusus yang perlu diperhatikan. Jika calon siswa ingin menjadi seorang Pramugara ataupun Pramugari, maka perlu memenuhi syarat. Persyaratan khusus tersebut juga akan diberikan langsung oleh sekolah penerbangan.


Jadi sebelum lulus sekolah SMA/SMK/Sederajat, calon siswa sekolah penerbangan perlu mencari tahu mengenai syarat khusus ini. Dengan begitu, calon siswa memiliki peluang besar untuk lolos atau diterima di sekolah penerbangan tersebut. Berikut beberapa persyaratan khusus untuk program Pramugara maupun Pramugari, diantaranya:

  • Usia Maksimal bagi pria maupun wanita adalah 23 tahun

  • Tinggi badan untuk Pramugari (wanita), minimal 160 cm

  • Tinggi badan untuk Pramugara (pria), minimal 170 cm


3. Syarat Khusus STAFF Penerbangan

Untuk menjadi STAFF Penerbangan juga ada beberapa syarat khusus yang diberikan. Syarat berikut ini bisa berbeda-beda di setiap sekolah. Hal tersebut dikarenakan setiap sekolah penerbangan memiliki standar dan kualifikasinya tersendiri.


Oleh sebab itu, untuk calon siswa yang ingin mendaftar di sekolah penerbangan dan mengambil STAFF Penerbangan perlu memperhatikan syaratnya. Dengan begitu, kesempatan untuk calon siswa bisa lolos atau diterima akan terbuka lebar. Berikut beberapa persyaratan khusus untuk program STAFF Penerbangan, diantaranya:

  • Usia siswa STAFF Penerbangan maksimal 24 tahun

  • Tinggi badan bagi siswa Wanita, minimal 157 cm

  • Tinggi badan bagi siswa pria, minimal 165 cm


Perlu diketahui kembali bahwa syarat-syarat di atas merupakan persyaratan yang umum digunakan untuk sekolah penerbangan. Namun ada beberapa sekolah penerbangan yang memiliki standar khusus yang berbeda untuk calon siswa. Sehingga untuk lebih detailnya, bisa menghubungi sekolah penerbangan terkait yang diinginkan.


Itulah tadi informasi mengenai berapa biaya sekolah penerbangan dan syarat masuknya. Untuk siswa kelas 12 yang tertarik dengan dunia kedirgantaraan, bisa mencari informasi di sekolah kedirgantaraan. Jadi sebelum lulus, perlu menentukan akan ambil jurusan apa. Jangan sampai salah jurusan, hanya karena kurang persiapan.