Tertarik Ingin Menjadi…

Tertarik Ingin Menjadi Marshaller Pesawat? Ini Syaratnya


Dalam dunia penerbangan ada banyak jenis pekerjaan yang bisa sobat Dirgantara pilih sesuai dengan keinginan dan bidang keahlian. Dari sekian banyak jenis pekerjaan ada salah satu pekerjaan yang cukup menarik yaitu, marshaller pesawat. Lewat kemajuan industri penerbangan Indonesia pekerjaan marshaller mulai banyak diminati.

Menjadi marshaller pesawat juga ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Walaupun jika dilihat pekerjaan ini cukuplah mudah untuk dilakukan. Namun, ada beberapa teknik khusus yang harus dipahami dan dikuasai. Sehingga ada proses studi (pendidikan) dan training yang harus dilalui.

Jika sobat Dirgantara tertarik menjadi marshaller pesawat perlu untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai profesi dari pekerjaan ini. Langsung saja simak berbagai penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Marshaller Pesawat?


Marshaller pesawat terbang, sumber: lifepal.co.id

Marshaller pesawat adalah salah satu jenis pekerjaan dalam dunia penerbanagan dimana, pekerjanya dilatih untuk mengarahkan pesawat dengan cara visual pada saat di darat. Pengarahan yang diberikan seperti masuk landasan, keluar dari titik pendaratan, hingga masuk dalam tempat parkir (Apron).

Dalam menjalankan tugasnya marshaller akan selalu berkomunikasi dengan pihak bandara dan pilot. Hal ini dilakukan agar pengarahan pesawat dapat sesuai dengan posisi yang benar dan seharusnya pesawat tersebut berada. Karena semua pergerakan pesawat saat di darat (bandara) sudah diatur agar tidak terjadi resiko kecelakaan.

Untuk membantu dalam mengurangi berbagai resiko kecelakaan yang tidak diinginkan maka, peran marshaller sangat penting. Karena membantu dalam melakukan pengarahan pada pesawat. Sehingga bisa berada di posisinya yang seharusnya tetap dalam keadaan safety (aman).    

Tugas dan Tanggung Jawab Marshaller Pesawat

Untuk tugas dan tanggung jawab marshaller pesawat tidaklah banyak namun, tetap memerlukan konsentrasi. Karena semua pergerakan pesawat saat di darat sudah diatur sehingga, marshaller mengerjakan apa yang telah diinstruksikan untuk mengarahkan pesawat.

Tugas utama dari marshaller adalah mengarahkan pesawat dengan tepat pada tempat parkir yang telah ditentukan. Dalam menjalankan tugasnya marhaller akan memandu pilot dengan gerakan tubuh dibantu dengan alat lighting atau sejenisnya. Dari setiap kode gerakan tubuh yang diberikan telah ada maknanya, sehingga pilot dapat mengerti dan memberhentikan pesawat pada tempat parkir dengan sempurna.

Inilah yang menjadi tugas dan tanggung jawab marshaller untuk tetap menjaga keamanan pergerakan pesawat saat melakukan parkir di bandara. Karena perlu untuk sobat Dirgantara tahu, bahwa pilot memiliki keterbatasan pandangan melihat permukaan daratan. Sehingga hadirnya seorang marshaller tentunya membantu pilot dalam mengatasi hambatan ini. 

Syarat Menjadi Marshaller Pesawat


Marshaller pesawat pria, sumber: jenis.net

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bila ingin menjadi marshaller pesawat. Salah satu syarat pentingnya adalah harus mendapatkan pendidikan dan pelatihan resmi sebagai aircraft marshaller. Untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan tersebut tentunya harus memenuhi persyaratannya terlebih dahulu diantaranya:

  • Usia minimal 18 tahun saat mendaftar pendidikan

  • Minimal lulusan SMA/sederajat

  • Tinggi Pria minimal 165 cm

  • Tinggi Perempuan minimal 160 cm

  • Tidak buta warna

  • Memiliki tinggi dan berat badan ideal

Syarat ini menjadi penting untuk dipenuhi sebagai salah satu cara untuk dapat menjadi marshaller. Selain itu, walaupun pekerjaan yang dilakukan merupakan jenis pekerjaan laki-laki. Perempuan juga dapat menjadi marshaller selama memenuhi persyaratan dan mengikuti pendidikan serta pelatihan. 

Jika dilihat dari persyaratannya tidak ada lulusan tertentu untuk menjadi seorang marshaller pesawat. Kembali lagi yang terpenting adalah harus memenuhi syarat untuk dapat mengikuti pendidikan dan pelatihannya.

Di Indonesia telah banyak sekolah yang menyediakan pendidikan dan pelatihan untuk menjadi seorang marshaller pesawat. Adapun estimasi biaya pendidikan yang harus dipersiapkan yaitu, kurang lebih Rp. 13.200.000. 

Biaya ini sudah termasuk semuanya jadi tinggal sobat Dirgantara ikuti saja proses pendidikan dan pelatihannya sampai dengan selesai untuk bisa mendapatkan licence (sertifikat) profesi marshaller.

Cara Menjadi Marshaller Pesawat

Berikut ini beberapa cara menjadi marshaller pesawat diantaranya:

  • Memenuhi persyaratan awal untuk dapat mendaftar pendidikan dan pelatihan.

  • Pilih sekolah marshaller yang ingin dituju.

  • Persiapkan berbagai persyaratan berkas yang telah diinformasikan.

  • Ikuti semua prosedur pendaftaran yang telah ditentukan oleh pihak penyedia pendidikan (sekolah marshaller).

  • Siapkan diri sebaik mungkin dan lakukan persiapan secara matang.

  • Mengikuti semua rangkaian pendidikan dan pelatihan dengan baik.

  • Memilih maskapai sebagai perusahaan tempat kerja sebagai marshaller.

Cara menjadi marshaller pesawat tidaklah sulit bila dibandingkan dengan jenis pekerjaan lain pada industri penerbangan. Sehingga sobat Dirgantara tentunya bisa menjadi satu dari bagiannya. Menjadi bagian terpentingnya adalah harus mempunyai keseriusan dalam menjalani sebagai profesi marshaller.

Gaji Marshaller Pesawat


Ilustrasi pembayaran gaji, sumber: kanzinformatics.com

Berapa sih gaji yang didapatkan bila menjadi marshaller pesawat? Walaupun pekerjaan, tugas, dan tanggung jawabnya yang tidak begitu besar. Gaji pokok yang akan didapatkan kurang lebih sekitar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per bulannya bila di Indonesia.

Namun, setiap negara di dunia memiliki gaji pokok yang berbeda-beda. Salah satu contoh negara yang memiliki gaji yang lumayan cukup besar untuk profesi pekerjaan marshaller pesawat adalah Amerika Serikat. Gaji yang didapatkan yaitu, berkisar antara 29.000 dollar AS atau Rp 430.326.650 hingga 54.500 dollar AS atau sekitar Rp 808.717.325 per tahun.

Gimana sobat Dirgantara, tertarik menjadi marshaller pesawat? Tinggal lengkapi saja persyaratan dan ikuti cara yang telah dijelaskan di atas. Semoga dari berbagai informasi yang telah diberikan dapat berguna. Jangan lupa juga untuk tetap update berbagai informasi bermanfaat lainnya hanya  di laman Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta.